6 Cara Mengatasi Wajah Kering, Bisa Dilakukan Sendiri!

Merawat kulit kering bisa dimulai dengan memilih cleanser yang tepat.

Cara mengatasi wajah kering dan kusam yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Langsung cek tipsnya berikut ini, yuk!

Kulit wajah kering kalau dibiarkan bisa bikin wajah kita terlihat kusam dan kurang sehat. Bahkan kulit terlihat lebih tua, karena kulit yang kering mudah terlihat garis-garis halusnya. Nah, untungnya ada beberapa cara mengatasi wajah kering yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Langsung cek tipsnya berikut ini, yuk!

Tips Mengatasi Wajah Kering

Ini dia cara mengatasi wajah kering yang tepat:

  1. Cuci Muka dengan Lembut
    Saat mencuci muka, pastikan mengaplikasikan sabun muka dengan lembut, tak perlu diusapkan terlalu kencang dan terburu-buru. Selain itu, gunakan sabun muka yang kandungannya ringan. Hindari sabun muka yang memiliki kandungan keras seperti:

    • alkohol

    • retinoid

    • alpha hydroxy acid

    • sulfat

    • fragrance.

    Sebaliknya, pilihlah sabun muka dengan kandungan yang dapat mengembalikan kelembapan, seperti:

    • paraffin

    • lanolin

    • silicone surfactants

    • polyethylene glycol.


  2. Hindari Cuci Muka Terlalu Sering
    Bagi pemilik kulit wajah kering, disarankan untuk cuci muka dengan sabun maksimal 2 kali saja sehari, kecuali kalau hari itu habis berolahraga dan melakukan aktivitas yang berkeringat banyak. Mencuci muka terlalu sering dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

  3. Pastikan Pakai Pelembap
    Para pemilik kulit wajah kering wajib pakai pelembap! Disarankan 2 kali sehari, di pagi dan malam hari menjelang tidur. Sangat diutamakan langsung pakai pelembap setelah mandi atau mencuci muka, karena di saat inilah kita bisa mempertahankan kelembapan alaminya. Pelembap kulit wajah harus bebas pewangi dan alkohol, karena keduanya bisa menyebabkan iritasi.

    Untuk skincare di pagi hari, bisa pilih pelembap yang ada kandungan tabir suryanya. Yang pasti, penting mencari pelembap yang bahan-bahannya mampu mempertahankan dan menambah kelembapan alami kulit. Pilihlah pelembap yang bahan dasarnya minyak, jadi kulit kita akan tetap terhidrasi.

    Bagi pemilik kulit kering yang cukup bermasalah hingga timbul pecah-pecah, bisa pilih pelembap yang mengandung petroleum, karena daya tahannya lebih baik dari yang teksturnya krim. Petroleum juga lebih efektif untuk mencegah kandungan air menghilang dari kulit.

  4. Hindari Produk Skincare yang Mengandung Pewangi
    Beberapa produk skincare mengandung fragrance atau pewangi. Wanginya memang menyenangkan, tapi bahannya bisa jadi kurang cocok untuk pemilik kulit kering. Jadi sangat disarankan untuk pakai produk yang berlabel ‘fragrance free’ supaya lebih aman.

    Hindari produk yang berlabel ‘unscented,’ karena ini bukan berarti tidak mengandung pewangi sama sekali. Produk tersebut mungkin saja mengandung bahan kimia yang fungsinya menetralkan atau menyembunyikan aroma dari bahan lainnya. Zat kimia ini bisa bermasalah di kulit kering, apalagi yang sensitif.

  5. Eksfoliasi Hanya Seminggu Sekali
    Kulit wajah kering tetap butuh eksfoliasi supaya sel-sel kulit mati terangkat. Tapi tak perlu melakukannya terlalu sering, karena proses ini juga bisa mengurangi kelembapan kulit. Sebaiknya eksfoliasi seminggu sekali saja atau tiap 10 hari sekali.

  6. Gunakan Sabun Muka Terbaik
    Salah satu cara mengatasi wajah kering adalah menggunakan sabun muka yang mampu mempertahankan kelembapan alami kulit, seperti Glowlasting Collagen Cleanser. Sabun muka ini mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori, tanpa bikin kulit jadi makin kering! Bahan utamanya adalah hyaluronic acid yang mampu mempertahankan kandungan air di kulit sehingga terlihat lembap dan kenyal. Selain itu, ada pomegranate yang berfungsi sebagai antioksidan, untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Jadi sabun muka ini tak hanya membersihkan, tapi sekaligus menutrisi kulit!

Beyondly Blog