Ini Dia Urutan Skincare Pagi yang Tepat, Ternyata Simpel!

Menggunakan skincare di pagi hari tidak perlu ribet, gunakan basic skincare yang simpel.

Urutan skincare pagi tidak rumit kalau pakai produk yang basic saja. Yuk, kita bahas urutan nya!

Bagi yang baru mau mulai pakai skincare, membahas urutannya terkadang bikin bingung saking banyaknya. Sebenarnya, urutan skincare tidak serumit itu, kalau pakai yang produk yang basic saja. Yuk, kita bahas urutan skincare pagi di bawah ini. Dijamin simpel!

Urutan Skincare Pagi

Pertama kita harus tahu aturan dasar tahapan skincare dulu. Gunakan produk yang teksturnya paling ringan dulu dan tekstur yang paling berat diaplikasikan paling akhir. Tekstur yang ringan tidak bisa menembus lapisan yang tebal, jadi harus dipakai lebih dulu.

1. Bersihkan Wajah

Sebelum mulai dengan produk skincare, tentu kita harus membersihkan muka. Pilih sabun yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Ini dia tipe pembersih wajah yang sesuai jenis kulitnya:

  • Kulit kering: sabun muka yang creamy dan tidak menimbulkan busa.

  • Kulit berminyak: sabun muka berbasis gel. Hindari bahan-bahan seperti charcoal dan sulfat.

  • Kulit cenderung berjerawat: sabun muka creamy yang ringan.

  • Kulit sensitif: sabun muka ringan yang mengandung aloe vera dan niacinamide.


2. Gunakan Toner

Toner penting digunakan setelah mencuci muka, fungsinya untuk mempersiapkan kulit ke tahap berikutnya. Pastikan kamu pilih toner yang tidak mengandung alkohol dan teksturnya cair, ringan. Toner yang baik untuk kulit berminyak adalah yang mengandung BHA atau AHA. Sedangkan bagi yang kulitnya kering, bisa pilih toner yang fungsi utamanya melembapkan.


3. Aplikasikan Serum

Serum mengandung nutrisi yang baik bagi kulit, selain itu berfungsi menghidrasi kulit wajah kita. Masih banyak yang melewatkan serum dalam urutan skincare, padahal serum mampu meningkatkan kesehatan kulit kita. Untuk pagi hari, disarankan pilih serum yang mengandung vitamin C. Bagi yang kulitnya sensitif, serum vitamin C bisa diaplikasikan tiap 2 hari sekali.


4. Oleskan Pelembab

Skin barrier kita butuh pelembap supaya tetap sehat, karena itu disarankan pakai pelembap 2 kali sehari, salah satunya di pagi hari. Semua jenis kulit harus pakai pelembap, terutama yang kaya akan kandungan ceramide, glycerin dan hyaluronic acid. Pelembap membantu produk skincare sebelumnya diserap kulit lebih baik juga, lho!

Ini dia pilihan jenis pelembap berdasarkan tipe kulitnya:

  • Kulit berminyak: pilih pelembap yang teksturnya ringan seperti krim atau gel, supaya tidak terasa terlalu berminyak.

  • Kulit kering: pilih pelembap yang mengandung hyaluronic acid, protein dan lipid. Ketiganya diproduksi secara alami di kulit, tapi kulit kering membutuhkannya dalam jumlah lebih banyak.

  • Kulit sensitif cenderung berjerawat: kulit sensitif yang cenderung kering sebaiknya menggunakan pelembap bertekstur lotion. Sedangkan kulit sensitif yang berminyak pilih yang teksturnya gel.


5. Tabir Surya Itu Wajib!

Kalau sudah lengkap semua, langkah terakhir skincare di pagi hari sudah pasti tabir surya alias sunscreen. Yang satu ini tak boleh dilewatkan karena kita harus melindungi kulit wajah dari efek bahaya sinar UVA dan UVB. Pakai tabir surya membantu kulit tercegah dari penuaan dini, bekas jerawat yang tak kunjung sembuh dan potensi kanker kulit.

Itu dia urutan skincare pagi yang simpel. Oh ya, untuk step pertamanya, kamu bisa gunakan Glowlasting Collagen Cleanser, sabun muka yang diformulasikan dengan Micro-Molecular Collagen, Hyaluronic Acid dan Pomegranate. Ketiganya mampu membersihkan wajah dari debu, minyak dan kotoran hingga tuntas!

Beyondly Blog