Kulit Kusam, Apa Sih Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kulit kusam dapat diatasi dengan penggunaan skincare yang benar.

Paparan sinar UV, polusi udara, asap rokok dan berbagai penyebab lainnya, sangat mudah membuat kulit jadi kusam dan tampak lebih tua dari seharusnya. Sebenarnya apa penyebab kulit kusam dan bagaimana cara mengatasinya?

Semua wanita pasti mau punya kulit yang cerah bersinar, lembut, kenyal dan terlihat sehat. Tak ada yang mau punya kulit kusam yang terlihat kasar, kering dan tak bersinar. Meski begitu, karena paparan sinar UV, polusi udara, asap rokok dan berbagai penyebab lainnya, sangat mudah membuat kulit jadi kusam dan tampak lebih tua dari seharusnya. Sebenarnya apa penyebab kulit kusam dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Kulit Kusam

Ada beberapa penyebab kulit kusam. Yuk, hindari dari sekarang:

1. Terlalu Kering

Kulit harus selalu lembap kalau ingin tetap sehat. Bagi yang normalnya punya kulit kering, memang harus berusaha lebih untuk menghidrasi kulit mereka. Saat berada di tempat yang kering atau di negara yang sedang musim dingin, kulit akan ikut kering.

2. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari pagi memang sehat, tapi kalau terlalu lama di bawah sinar matahari langsung juga tidak baik. Salah satu dampaknya adalah kulit jadi terlalu kering. Kalau dibiarkan terlalu sering, bahkan ini bisa menjadi salah satu penyebab kulit mengalami penuaan dini.

3. Kurang Tidur

Semakin bertambahnya usia, kurang tidur saja bisa menyebabkan banyak masalah pada kulit kita, salah satunya kulit jadi kusam. Kalau dibiarkan terus-menerus, kulit akan kehilangan cahayanya, lebih kasar dan bisa jadi berjerawat.

4. Usia

Usia memang sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Makin bertambah usia, kandungan air di dalam kulit kita berkurang. Tak heran kalau mulai muncul garis-garis halus di area yang sebelumnya mulus. Biasanya ini dimulai di pertengahan 20-an.

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang ampuh mengatasi kulit kusam, yaitu:

1. Gunakan Pelembap

Apa pun tipe kulit kita, pelembap itu memang wajib! Untuk kulit kering, sangat disarankan tidak melewatkan pakai pelembap 2 kali sehari. Gunakan di pagi hari dan malam hari, setelah mencuci muka dengan sabun.

2. Pakai Tabir Surya

Tiap pagi dan siang selalu beraktivitas di luar rumah? Kalau begitu, wajib pakai tabir surya sebagai langkah akhir rutinitas skincare kamu. Tabir surya akan memberi perlindungan dari dampak buruk sinar UVA dan UVB.

3. Eksfoliasi Secara Berkala

Bisa jadi penyebab kulit kusam kamu adalah sel-sel kulit mati yang masih tersisa di wajah. Jadi jangan lupa lakukan eksfoliasi sendiri di rumah untuk meluruhkan sel kulit mati. Tidak perlu terlalu sering, seminggu sekali saja sudah cukup.

4. Tidur yang Cukup

Usahakan untuk selalu tidur malam yang cukup. Konsep ‘beauty sleep’ itu ampuh banget kalau mau punya kulit bersinar dan sehat. Jadi usahakan jangan tidur terlalu malam dan lakukan ritual yang membantumu supaya bisa tidur nyenyak.

Gunakan Serum untuk Mengatasi Kulit Kusam

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kulit kusam adalah menghidrasi dan menutrisinya dengan serum yang tepat. Ada Beyondly Pomebright Collagen Serum yang diformulasikan dengan Micro-Molecular Collagen, Niacinamide, Pomegranate, vitamin C dan Hyaluronic Acid. Serum ini berguna untuk mencerahkan kulit, menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam dan meratakan warna kulit. Collagen Serum Pomebright dilengkapi juga dengan Penetration Enhancer yang membuat kandungan serum mampu diserap kulit hingga bagian yang terdalam. Sudah teruji hypoallergenic, jadi cocok untuk semua jenis kulit. Jadi, siap-siap ucapkan selamat tinggal pada kulit kusam!

Beyondly Blog