Mengapa Penting Menggunakan Pelembap Wajah Setiap Hari?

Manfaat menggunakan moisturizer atau pelembap tak hanya untuk menjaga kelembapan alami wajah namun juga menjaga kekuatan skin barrier.

Banyak yang menyepelekan penggunaan pelembap wajah atau moisturizer. Padahal, skincare yang satu ini memiliki beragam manfaat untuk kulit kita lho.

Dalam rutinitas skincare, pasti ada penggunaan moisturizer. Nah, moisturizer itu apa? Moisturizer adalah pelembap, jadi dalam perawatan kulit wajah kita menggunakan pelembab wajah, yang berbeda dengan pelembap kulit tubuh. Sebenarnya apa itu pelembap wajah dan kenapa penting kita gunakan setiap hari?


Apa Itu Pelembap Wajah?

Pelembap wajah atau disebut juga dengan emolien, merupakan salah satu produk perawatan kulit yang digunakan untuk melindungi, melembapkan dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Pelembap memberikan manfaat yang sama dengan sebum alami yang diproduksi oleh kulit sehat. Namun seiring bertambahnya usia, jumlah sebum di kulit berkurang. 

Pelembap menghidrasi bagian permukaan terluar kulit. Dengan begitu, pelembap akan melapisi kulit wajah kita, mengunci berbagai nutrisi yang mengandung pelembap, serta melindungi kulit dari penyebab iritasi yang berasal dari luar.


Bagaimana Cara Kerja Pelembap Wajah?

Pada umumnya, pelembap wajah bekerja dengan 2 cara. Yang pertama dengan memerangkap kelembapan kulit, menciptakan lapisan sementara di permukaan kulit kita. Atau cara yang kedua adalah pelembap menyimpan kelembapan di lapisan terluar kulit wajah kita. 


Macam-macam Pelembap Wajah

Ada banyak tipe moisturizer untuk wajah. Salah satu yang paling efektif adalah petrolatum karena konsistensi minyaknya. Petrolatum lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit kering, karena minyaknya sangat sesuai dengan kebutuhan kulit kering yang membutuhkan minyak lebih banyak. 

Tipe pelembap wajah populer lainnya antara lain adalah lanolin, isopropyl myristate, liquid paraffin, shea butter, polyethylene glycols, silicone oil, castor oil dan masih banyak lagi. Produk skincare yang mengandung moisturizer biasanya ditambahkan dengan kandungan antioksidan, ceramide, emulsifier, dan penetration enhancer. 

Kebanyakan produk pelembap wajah diformulasikan dengan kombinasi beberapa bahan sekaligus, sehingga manfaatnya bisa lebih terasa. Sangat disarankan memilih pelembap yang sesuai dengan tipe kulit masing-masing. 


Kenapa Pelembap Wajah Sangat Penting?

Apa pun jenis kulit kita, pasti butuh pelembap agar kulit terlihat sehat dan bersinar alami. Para ahli kesehatan kulit menyarankan penggunaan pelembap wajah 2 kali dalam sehari, digunakan setelah mencuci muka. Gunakan di pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal. 

Tanpa pelembap, maka kandungan air dan minyak di kulit kita akan dengan mudah menguap, meski sebelumnya sudah menggunakan toner dan serum. Karena itu, penting mengunci toner dan serum dengan pelembap.


Pilih Pelembap Sesuai Kulit

Tipe pelembap wajah berbeda-beda, sebaiknya pilih yang paling sesuai dengan jenis kulit kita, karena formula tertentu bekerja dengan jauh lebih baik di jenis kulit tertentu pula. Berikut ini 3 jenis kulit dan tipe pelembap yang paling cocok untuk dijadikan acuan dalam memilih:

  • Kulit kering dan/atau kombinasi: pelembap wajah bertekstur krim.

  • Kulit berminyak dan/atau kombinasi: pelembap wajah bertekstur gel.

  • Kulit kombinasi: pelembap wajah likuid atau lotion yang lebih cair. 

Gunakan Pelembap Wajah Berkualitas Ini, Yuk!

Ternyata penting banget ya menjaga kelembapan kulit kita. Pastikan untuk selalu menjaganya dengan pelembap yang berkualitas seperti Beyondly Glowlasting Collagen UV Care Moisturizer. Dilengkapi dengan Micro-Molecular Collagen sejumlah 20.000 ppm yang ukurannya sangat kecil, sehingga bisa meresap ke dalam kulit dengan optimal. 

Pelembap ini mampu menjaga kulit wajah agar tetap lembap, kencang dan elastis. Jadi bisa tetap tampil awet muda. Pastikan kamu mendapatkan pelembap wajah yang terbaik dan mengandung bahan-bahan pilihan!

Beyondly Blog