6 Cara Merawat Kulit Supaya Sehat dan Segar

Collagen bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit.

Kulit yang sehat dan terawat dengan menjaga kadar collagen. Yuk, cek apa saja caranya?

Kulit yang sehat dan terawat, siapa yang bisa menolak? Jenis kulit setiap orang berbeda-beda, tapi semuanya butuh dirawat. Sebaik apa pun kondisi kulit kita saat remaja, setelah memasuki usia 20 tahunan, harus mulai dijaga supaya tetap sehat dan segar. Salah satu caranya dengan menjaga kadar collagen yang bagus untuk kulit. Yuk, cek apa saja caranya yang bisa kamu coba di bawah ini.

Cara Merawat Kulit

Kesehatan kulit bisa disebabkan karena beberapa faktor. Yang pertama adalah faktor genetik yang merupakan keturunan. Yang kedua adalah hormon, yang berbeda-beda pada tiap individu. Hormon bisa timbul di masa pubertas, kehamilan, menopause dan masih banyak lagi. Selain itu, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh.

Ada banyak cara untuk merawat kulit agar terlihat lebih sehat. Kita bisa mengganti diet sehari-hari dan mengganti gaya hidup. Selain itu, banyak produk skincare berkualitas yang baik manfaatnya bagi kulit. Yang pasti, merawat kulit butuh waktu dan kesabaran karena hasil yang instan cenderung kurang baik. Butuh dilakukan secara rutin, ini dia beberapa tips merawat kulit yang terbukti ampuh:

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Atur diet yang sehat kalau ingin punya kulit sehat dan bercahaya. Meskipun kita pakai produk skincare terbaik sekalipun, tanpa dirawat dari dalam, hasilnya pasti kurang optimal. Jadi, hindari makanan yang tinggi gula, lemak trans dan garam terlalu banyak. Sebaliknya, perbanyak mengonsumsi gandum utuh, buah-buahan, sayur-mayur, protein sehat dan lemak baik. I

ni dia daftar nutrisi yang baik bagi kulit:

  • Vitamin A: untuk menjaga kesehatan sel kulit. Bisa didapat dari ubi manis, bayam, wortel, dan hati sapi.

  • Vitamin B2 (Riboflavin): membantu menjaga level collagen yang bagus untuk kulit. Bisa didapat dari sereal, produk susu dan turunannya, jamur dan kacang almond.

  • Vitamin B6 (Pyridoxine): mampu menjaga kesehatan kulit. Bisa didapat dari ikan salmon, sereal, kentang dan pisang.

  • Vitamin C: antioksidan yang baik untuk skin barrier dan pembentukan kolagen dan melindungi kulit dari sinar UV. Dapatkan dari buah-buahan citrus, paprika, kiwi, brokoli, dan stroberi.

  • Vitamin D: melindungi kulit dari sinar UV, mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi inflamasi. Bisa didapat dari minyak hati ikan, seafood, susu dan sereal.

  • Vitamin E: berfungsi sebagai antioksidan. Dapat ditemukan di biji bunga matahari. minyak bunga matahari dan selai kacang.

  • Omega 3: dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV dan menjaga kesehatan kulit. Bisa didapat dari walnut, ikan salmon, herring, dan mackerel, minyak canola, chia seeds dan minyak flaxseed.

  • Zinc: dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Dapatkan dari kepiting, sereal, tiram, dan masih banyak lagi.

2. Minum Air Mineral Secara Teratur

Tubuh kita sangat membutuhkan air supaya tetap sehat, begitu juga dengan kulit. Dengan konsumsi air yang cukup, fungsi kulit bisa dijaga dan ditingkatkan. Sebaliknya, hindari mengonsumsi alkohol karena bisa menyebabkan kemerahan dan infeksi kulit.

3. Rajin Olahraga

Aktivitas fisik sangat membantu menyehatkan kulit. Apa pun jenis olahraganya, aktivitas ini mampu memperlancar aliran darah kita, sehingga kulit jadi lebih sehat, cerah dan segar. Olahraga yang rutin juga mampu membuat kulit tampak lebih awet muda.

Jenis olahraganya bisa apa saja, asalkan hindari melakukannya di luar ruangan, saat matahari sedang bersinar terik. Disarankan pilih aerobik dengan intensitas medium seperti jalan kaki, lari, yoga, pilates, senam dan lain-lain. Pilih olahraga yang kamu suka supaya tak terasa terbebani saat menjalankannya.

4. Tidur yang Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas mampu mendukung kesehatan fisik dan mental. Tubuh jadi terjaga dari berbagai penurunan kondisi fisik, yang akan berpengaruh bagi kesehatan kulit. Saat kita kurang tidur dan dibiarkan berlanjut terus, ini bisa menyebabkan penurunan kualitas kulit. Mulai dari penuaan dini, muncul jerawat, hingga fungsi skin barrier yang merosot.

Sangat disarankan untuk tidur selama 7 jam setiap hari. Kalau punya masalah sulit tidur, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin. Saat kita lelah, biasanya tubuh akan secara alami menyuruh kita istirahat.

5. Hindari Stres

Dalam hidup sehari-hari, memang sulit terhindar dari stres, karena masalah pasti menghampiri. Tapi ada cara untuk mengurangi stres yaitu dengan healing. Tiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk melepas stres. Ada yang cukup dengan berolahraga saja, ada yang butuh menyepi sendiri alias me-time melakukan aktivitas yang mereka suka. Yang pasti, sediakan waktu untuk memanjakan diri sendiri.

6. Konsumsi Collagen Drink Terbaik

Kita semua tahu kalau kolagen sangat dibutuhkan oleh kulit kita. Kolagen adalah jenis protein yang jumlahnya paling banyak di tubuh kita. Fungsi utamanya untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit, serta membentuk struktur untuk kekuatan tulang, otot, serta semua jaringan ikat dalam tubuh kita. Kolagen dapat diproduksi secara alami oleh tubuh, meskipun akan berkurang jumlahnya seiring dengan pertambahan usia.

Kita membutuhkan kolagen seumur hidup kita, karena itu harus dijaga terus jumlahnya. Sekarang sudah ada minuman collagen yang bagus untuk kulit, jadi kita bisa mendapatkan ekstra kolagen yang sangat dibutuhkan kulit. Pastikan kamu memilih minuman kolagen yang terbaik, seperti Beyondly Fitclair Collagen Drink.

Diformulasi dengan bahan-bahan terbaik, di dalamnya terkandung:

  • Marine Collagen Peptide sebanyak 5.000 mg, yang berasal dari sumber pilihan terbaik dari Prancis, jumlahnya pas dengan kebutuhan kolagen harian.

  • Ekstrak alami Mandarin Orange, yang kaya akan vitamin A dan C. Kedua vitamin ini mampu menjadi antioksidan yang kuat, sehingga mampu melawan efek dari radikal bebas, mencegah terjadinya infeksi dan sangat baik untuk kesehatan dan keremajaan kulit.

  • Ekstrak Pomegranate, yang kaya nutrisi dan kandungan antioksidan. Kandungannya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Ekstrak Acerola Cherry, yang sangat kaya akan vitamin C dan nutrisi kaya antioksidan. Baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

  • L-Glutathione, merupakan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, sehingga kulit jadi lebih terjaga kelembapannya dan terlihat lebih awet muda.

Kelima bahan di atas diolah menggunakan teknologi yang telah dipatenkan, doubleNutri™ Technology. Ini adalah teknologi yang sukses mendapatkan penghargaan emas di ajang London International Invention & Trade Expo yang diselenggarakan tahun 2020. Beyondly Fitclair Collagen Drink menggunakan gula alami, jadi aman bagi penderita diabetes, ibu hamil dan menyusui. Selain itu, diformulasikan rendah kalori.

Cara mengonsumsinya pun mudah, bisa langsung diminum dari sachet bisa juga dicampur dengan 100 ml air. Disarankan mengonsumsinya 1 – 2 kali sehari, bisa sebelum maupun sesudah makan. Dengan jumlah kolagen yang cukup, kulit kita pun akan lebih sehat, regenerasi sel lebih lancar, kulit jadi lebih kenyal dan elastisitasnya tetap tahan lama.

Beyondly Blog