8 Cara Memutihkan Kulit Ini Layak Kamu Coba!

Ada beragam cara untuk memutihkan kulit, termasuk dengan mengonsumsi minuman tinggi Vitamin C dan L-Glutathione.

Banyak cara untuk mencerahkan kulit, tapi cara yang terbaik adalah yang alami dan kita lakukan secara rutin. Mau tahu 8 cara memutihkan kulit yang ampuh?

Di banyak negara Asia, kulit yang putih dan cerah biasanya dianggap cantik. Banyak cara untuk mencerahkan kulit, tapi cara yang terbaik adalah yang alami dan kita lakukan secara rutin. Hasilnya lebih terjamin dan bertahan lama kalau terus kita rawat. Mau tahu bagaimana cara memutihkan kulit yang ampuh? Yuk, intip di sini!

Cara Memutihkan Kulit

Beberapa cara mencerahkan kulit di bawah ini harus dilakukan secara teratur. Ada yang khasiatnya baru terlihat setelah beberapa minggu, bahkan beberapa bulan. Yang pasti, tak mungkin hasilnya instan dalam semalam, ya.

1. Rajin Membersihkan Wajah

Kunci dari kulit sehat dan cerah adalah dibersihkan setiap hari. Permukaan kulit kita pasti akan terkena debu, minyak, polusi dan partikel lainnya yang bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat serta masalah kulit lainnya. Jadi, membersihkan wajah di pagi dan malam hari secara menyeluruh itu penting banget dan wajib dilakukan.

Disarankan membersihkan wajah dengan gerakan memutar, dari dalam ke luar. Pastikan semua bagian wajah sudah kamu bersihkan sebelum dibilas dengan air bersih. Membersihkan wajah cukup 2 kali sehari saja, kecuali kondisi kulit sangat kotor. Kalau terlalu sering terkena sabun, kulit bisa kehilangan kelembapannya.

2. Eksfoliasi Secara Teratur

Berbeda dengan mencuci muka yang harus dilakukan setidaknya 2 kali sehari, eksfoliasi tidak harus dilakukan sesering itu. Eksfoliasi merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat kulit wajah jadi terlihat lebih cerah dan bersinar. Eksfoliasi artinya mengelupas sel kulit mati yang masih menempel di kulit wajah kita. Dengan begitu, kulit jadi lebih mulus, bersih dan lebih cerah. Ada beberapa jenis eksfoliator yang bisa kamu coba. Pertama adalah face scrub yang bisa kamu pakai 2 – 3 kali seminggu. Ada juga face peel yang cocok untuk kulit sensitif atau kulit kering, pemakaiannya cukup sekali saja seminggu. Jenis kulit lain boleh juga pakai face peel, tapi frekuensinya disarankan 3 kali seminggu.

3. Rajin Mengaplikasikan Pelembap

Supaya warna kulit lebih cerah dan sehat, pastikan untuk mengaplikasikan pelembap wajah. Ini wajib banget tiap kali kamu habis mencuci muka. Kalau kita hanya mencuci muka dengan sabun, lama-kelamaan kulit akan kering. Pelembap akan mengembalikan kelembapan alami wajah dan kulit pun terlihat lebih sehat.

4. Pastikan Selalu Pakai Tabir Surya di Pagi dan Siang Hari

Pakai tabir surya itu wajib! Buat kamu yang di pagi dan siang hari beraktivitas keluar rumah, harus pakai tabir surya di wajah. Pastikan setidaknya mengandung SPF 30 supaya kulit terlindung dari paparan sinar ultraviolet. Tabir surya yang berkualitas akan melindungi kulit jadi mudah menggelap karena sinar matahari. Selain itu, kandungan di dalam tabir surya juga akan melindungi kulit dari efek radikal bebas yang bisa membuat kulit cepat kering dan kehilangan elastisitasnya. Kulit yang sering terpapar sinar matahari tak hanya jadi gelap, tapi juga jadi tidak sehat.

5. Pilih Produk Skincare untuk Mencerahkan

Kalau ingin punya kulit yang lebih cerah dan putih, pastikan gunakan produk yang tepat. Carilah istilah ‘brightening’ atau ‘skintone-evening.’ Selain itu, dapatkan produk yang mengandung bahan-bahan yang fungsinya mencerahkan, seperti:

  • Vitamin C: berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencerahkan kulit dengan cara menghadang enzim yang memproduksi pigmen.

  • Niacinamide (vitamin B3): mampu memperlambat produksi pigmen, sehingga flek hitam bisa lebih disamarkan.

Dengan mengaplikasikan produk skincare yang mengandung kedua bahan di atas, maka perlahan-lahan kulit wajah akan terlihat lebih cerah. Efeknya biasanya baru terlihat setelah pemakaian secara teratur selama beberapa minggu. Hasil optimal biasanya baru terlihat setelah 3 bulan.

6. Gunakan Masker Wajah

Perawatan dengan masker secara teratur mampu memberikan efek yang nyata. Untuk hasil yang instan, kamu bisa coba sheet mask, yang sekarang banyak dijual. Setelah memakai sheet mask, biasanya kulit akan langsung terhidrasi dan terlihat sangat segar begitu masker dilepas. Selain itu, bisa gunakan masker yang berbentuk krim.

Sekarang juga banyak pilihannya, ada yang dikemas dalam tube, ada juga yang dikemas dalam jar. Masker berupa krim ini juga hasilnya langsung terasa, membuat kulit terasa lebih halus dan lembut setelah sisa masker dibersihkan. Kalau lebih suka bahan yang alami, bisa juga meracik masker sendiri, sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Untuk mencerahkan kulit, bisa campurkan yogurt ½ cup, madu ¼ cup dan buah stroberi yang ditumbuk sebanyak ½ cup saja. Eits, jangan dimakan, tapi aplikasikan di wajah selama 5 – 10 menit, lalu bersihkan wajah. Setelah dibersihkan, wajah langsung terasa lebih lembut dan wangi!

7. Olahraga Teratur

Olahraga adalah kunci alami kalau ingin punya kulit yang lebih cerah dan sehat, segar alami. Apa pun jenis olahraganya, selama kita membiarkan diri kita berkeringat secara teratur, maka aliran darah akan berjalan lancar. Aliran darah lancar inilah yang membuat kulit terlihat lebih segar dan sehat. Kulit pun akan terhidrasi dengan baik secara alami.

Jangan lupa, pilih olahraga yang tidak mengharuskanmu panas-panasan di luar ruangan. Misalnya jalan pagi, jalan sore, yoga, pilates, senam, renang di pagi hari, dan masih banyak lagi jenis olahraga yang bisa kamu coba.

8. Mengonsumsi Collagen Drink

Kolagen penting banget fungsinya untuk kulit, yaitu untuk meregenerasi sel kulit mati dengan yang baru. Dengan begitu, kulit kita akan terlihat tak kusam dan lebih gelap dari warna yang sebenarnya. Sayangnya, produksi kolagen secara alami dalam tubuh akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Tapi kita bisa mengatasinya dengan cara mengonsumsi minuman collagen yang bagus untuk memutihkan kulit.

Pastikan pilih yang kualitasnya terjamin, sudah teruji lolos BPOM dan halal, seperti Beyondly Fitclair Collagen Drink. Minuman ini kandungan utamanya adalah Marine Collagen Peptide sebanyak 5.000 mg, yang sesuai dengan kebutuhan kolagen harian. Bahan ini didapat dari sumber yang terbaik di Prancis. Fungsinya tak hanya untuk mencerahkan kulit saja, tapi juga menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.Selain itu, Marine Collagen Peptide dipadukan dengan berbagai ekstrak alami. Ada Mandarin Orange, Acerola Cherry dan Pomegranate yang kaya akan vitamin C dan sangat baik sebagai antioksidan, sehingga melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas.

Terakhir, ada L-Glutathione yang mampu membantu menangkal efek radikal bebas, agar kulit tampak lebih cerah dan sehat alami. Semua bahan ini diolah dengan doubleNutri™ Technology, yang meraih penghargaan emas di ajang London International Invention & Trade Expo tahun 2020. Cara mengonsumsinya mudah, bisa langsung dikonsumsi dari sachet, tanpa dicampur cairan lagi. Bisa juga dicampur dengan 100 ml air. Konsumsinya pun bisa sebelum maupun sesudah makan, dengan dosis 1 – 2 kali sehari.

Beyondly Blog