Rekomendasi Bisnis Halal dan Fleksibel, Cocok untuk Usaha Rumahan

Seorang pebisnis wanita muslim yang bekerja dari rumah.

Ramadan tinggal menghitung hari, ini dia rekomendasi bisnis syariah yang tentunya halal dan fleksibel dikerjakan di mana saja!

Seiring berkembangnya waktu, bisnis halal makin diminati oleh masyarakat. Hal tersebut karena masyarakat kini tidak hanya memperhatikan kehalalan suatu makanan saja, tetapi juga dalam banyak aspek, salah satunya bisnis. Terlebih pada bulan Ramadan, masyarakat tidak hanya ingin memperoleh keuntungan berupa pendapatan, tetapi juga keberkahan dan kepuasan. 

Apa itu Bisnis Halal?

Bisnis halal atau juga bisa disebut dengan bisnis syariah kegiatan usaha dengan menjual produk agar memperoleh keuntungan dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip dalam agama Islam. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membangun bisnis halal, seperti proses jual-beli, alat dan bahan, dan tidak terdapat unsur yang dilarang oleh syariah, contohnya riba. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk bisnis halal di bulan Ramadan, berikut 4 rekomendasi bisnis halal dan fleksibel yang cocok untuk dikerjakan di rumah.

Contoh Bisnis Halal


1. Kuliner Halal

Bisnis kuliner halal dapat menjadi salah satu opsi cemerlang untuk kalian yang ingin berbisnis secara fleksibel di rumah dengan tetap menerapkan prinsip-prinsip islami. Ketika ingin membangun bisnis kuliner halal, owner bisnis perlu memperhatikan beberapa hal, seperti peralatan masak dan bahan makanan yang bebas dari kandungan yang haram. Bisnis ini dapat dijalankan dari rumah dengan cara membuka warung atau kedai depan rumah dengan menyediakan kuliner atau makanan yang diminati tetangga sekitar rumah dan ramai di pasaran.


2. Fashion Muslim

Bisnis fashion muslim merupakan salah satu bisnis yang akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan mode dan tren fashion. Ditambah dengan peminat baju muslim yang sangat banyak di Indonesia. Bagi yang memiliki passion pada bidang ini, pasti akan enjoy menjalani dan mengelola bisnis fashion. Bisnis ini dapat dijalankan dari rumah mulai dari desain baju, pengerjaan, dampai pemasaran lewat online. Oleh karena itu, bisnis fashion ini menjadi salah satu rekomendasi bisnis halal yang fleksibel karena dapat dikerjakan dari rumah. 


3. Penyedia Jasa Pelatihan (Pelajaran, Mengaji)

Penyedia jasa pelatihan menjadi opsi bisnis halal yang dapat dilakukan hanya dari rumah. Sesuaikan bisnis dengan keterampilan yang kita miliki, misalnya ketika kita memiliki skill memasak maka kita membuka pelatihan masak. Beberapa contoh bisnis halal yang menyediakan jasa, di antaranya jasa pelatihan mengaji, bimbingan belajar, pelatihan memasak, dan lain-lain.  


4. Reseller Produk Halal

Menjual kembali produk yang sedang ramai di pasaran menjadi opsi bisnis yang memiliki prospek yang baik. Opsi bisnis ini dapat dikatakan cukup mudah dan fleksibel, karena seorang reseller hanya cukup memasarkan produk dan menyalurkan kepada para konsumen dengan menyesuaikan harga di atas harga produk. Akan tetapi, tidak jarang seorang reseller pemula merasa ragu-ragu terhadap produk yang akan dijual, seperti kualitas produk, kehalalan produk, dan lain-lain. Namun hal tersebut tidak akan ditemukan ketika bergabung menjadi mitra Beyondly. Beyondly menawarkan produk yang ramai di pasar, seperti minuman kolagen, essential oil, dan skincare. Tidak perlu khawatir karena produk dari Beyondly sudah terjamin halal dan terdaftar di BPOM. Selain itu, bergabung sebagai mitra Beyondly dapat dikerjakan dari rumah sehingga lebih mudah dan fleksibel. Info lebih lanjut dapat kunjungi laman media sosial @beyondlyofficial

Berikut tadi merupakan 4 rekomendasi bisnis halal dan fleksibel. Sudah saatnya kita tidak hanya mengedepankan keuntungan, tetapi juga keberkahan dan kepuasan hati diri kita dengan menerapkan prinsip yang syariah.

Baca juga: Rekomendasi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Berpeluang Cuan di 2024!

Beyondly Blog