5 Penyebab Bekas Jerawat Tak Kunjung Hilang dan Cara Menanganinya

ilustrasi noda bekas jerawat/ freepik.com

Penanganan tepat untuk menghilangkan Hyperpigmentasi dan noda bekas jerawat

Noda hitam bekas jerawat adalah permasalahan kulit berupa hyperpigmentasi yang sering ditemui. Hyperpigmentasi adalah kondisi di mana daerah kulit menjadi lebih gelap daripada warna kulit normal. Menggelapnya kulit di area tertentu di akibatkan oleh produksi melanin yang berlebihan karena terpicu oleh faktor-faktor penyebabnya. 

Penyebab bekas jerawat sulit memudar 


Permasalahan kulit bagi sebagian orang dinilai cukup crusial, namun ada juga yang acuh dengan kondisi kulit nya karena dianggap bukan hal yang pokok. Bagi para wanita sendiri, timbulnya setitik jerawat pun bisa dikatakan sebagai suatu bencana lho. Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor yang tak terduga ataupun karena genetik.  Jerawat dapat terjadi karena folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Namun, disamping itu jerawat biasanya akan terus membekas dan sulit memudar yang terkadang membuat kita tidak percaya diri. Tetapi ternyata ada beberapa penyebab yang membuat bekas jerawat kamu sulit untuk memudar, tanpa kamu sadari seperti : 


1. Tidak menggunakan sunscreen

Paparan berlebihan terhadap sinar matahari bisa merangsang produksi melanin dan menyebabkan hyperpigmentasi, seperti timbulnya bintik-bintik hitam atau lentigo. Tidak menggunakan sunscreen juga dapat menghambat bekas jerawat susah hilang.

2. Faktor genetik

Beberapa individu mungkin lebih cenderung mengalami hyperpigmentasi hingga sulit hilangnya bekas jerawat  karena faktor genetik. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu bisa membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat dengan perawatan khusus. 

3. Salah perawatan kulit

Perawatan kulit memiliki cara nya masing-masing sesuai dengan kebutuhan kondisi kulit. Namun, jika sekali saja kamu salah merawat kulit tentu akan membuat kamu menghadapi beberapa masalah kulit lainnya. Pilihlah perawatan dan produk yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Salah satunya, kamu bisa mencoba menggunakan Beyondly Pomebright Collagen Serum yang di formulasi untuk mencerahkan dan memudarkan noda hitam bekas jerawat. Serum dari #BeyondlyTernyataCocok untuk membantu merawat permasalahan hyperpigmentasi kamu yang sulit hilang, berkat kandungan Micro-Molecular™ Collagen, 10% Niacinamide dan Pomegranate. 

Baca lainnya: Manfaat pomegranate untuk wajah

4. Memencet jerawat

Kesalahan dalam mengatasi jerawat seperti ini juga akan menimbulkan masalah baru seperti sulit hilangnya noda hitam bekas luka jerawat. Niat hati ingin cepat menghilangkan jerawat, justru malah kondisi kulit makin gawat.

5. Post-inflamatory hyperpigmentation (PIH)

Nah Ini bisa terjadi akibat peradangan pada kulit, seperti luka bekas jerawat, luka bakar, atau luka lain. Daerah yang luka biasanya akan menjadi lebih gelap. 


Cara Mengatasinya


Perawatan hyperpigmentasi dapat mencakup penggunaan skincare pemutih, prosedur medis seperti terapi laser, dan perubahan gaya hidup, seperti menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, penggunaan tabir surya, dan menghindari penyebab-penyebabnya. Namun ada cara mudah untuk kamu mengatasi permasalahan noda hitam bekas jerawat yang sulit hilang, yaitu dengan pemakaian rutin Beyondly Pomebright Collagen Serum. Satu-satunya serum pertama di Indonesia yang memiliki berbagai manfaat hanya dengan satu kemasan.  Gunakan secara optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal setelah 14 hari. Buktikan juga kalau ternyata #BeyondlyTernyataCocok untuk mengatasi permasalahn kulit wajahmu. 





Beyondly Blog