Cara Memulai Bisnis dari Nol: Mudah dan Cuan untuk yang Belum Pengalaman

Bisnis mudah tanpa modal / freepik.com

Bisnis mudah tanpa modal?

Banyak orang yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses, namun tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis dari nol. Padahal, membangun bisnis sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan, asalkan kamu memiliki persiapan yang matang, pengetahuan yang cukup, dan komitmen yang kuat.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan cara memulai bisnis dari nol yang mudah dan cuan untuk kamu yang belum berpengalaman. Simak artikel berikut ini!

1. Tentukan Ide Bisnis Sesuai dengan Passion 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ide bisnis yang sesuai dengan passion atau minat. Ketika membangun bisnis sesuai dengan passion, kamu akan merasa lebih enjoy dalam menjalankan segala prosesnya. Kamu juga akan lebih mudah untuk menemukan ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengembangkan bisnis.

2. Mulai Bisnis dengan Modal dan Risiko Kecil

Hal ini penting untuk menghindari kerugian yang besar jika bisnis kamu tidak berjalan sesuai dengan harapan. Kamu juga dapat lebih fleksibel dalam mengelola keuangan dan mengembangkan bisnis. Cari peluang bisnis yang membutuhkan modal yang terjangkau dan memiliki risiko yang dapat dikelola. Misalnya, bisnis seperti jasa desain grafis, fotografi, konsultasi, affiliator atau reseller. Kamu  juga dapat memilih bisnis yang tidak memerlukan banyak peralatan atau bahan baku, seperti bisnis online, dropship, atau reseller.

2. Buat Rencana Bisnis yang Jelas dan Realistis

Rencana bisnis adalah dokumen yang berisi gambaran umum tentang bisnis, termasuk visi, misi, tujuan, strategi, dan rencana aksi. Rencana bisnis akan membantu kamu untuk mengatur dan mengarahkan bisnis dengan lebih baik. Tawarkan produk dengan detail dan menarik, harus menjelaskan apa manfaat dan nilai yang diberikan kepada pelanggan. Juga harus menjelaskan apa perbedaan dan keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan pesaing. 

3. Lakukan Eksekusi Bisnis dengan Cepat dan Tepat

Eksekusi bisnis adalah proses implementasi rencana bisnis menjadi kenyataan. Eksekusi bisnis yang cepat dan tepat akan membantu kamu untuk menguji dan memvalidasi ide bisnis, untuk mendapatkan feedback dan masukan dari pelanggan, dan meningkatkan kinerja dan pertumbuhan bisnis kamu.

4. Lakukan Evaluasi dan Perbaikan Bisnis secara Berkala

Terakhir, seringkali disepelekan tapi ternyata sangat penting loh. Lakukan evaluasi dan perbaikan bisnis secara berkala. Perbaiki yang kurang hingga memberikan improvisasi untuk perkembangan bisnis.

Baca lainnya: Bisnis Mudah Tanpa Modal

Rekomendasi Tepat untuk Bisnis Online dengan Modal Minim

Salah satu bisnis online yang cocok untuk kamu yang ingin memulai bisnis dari nol dengan modal minim adalah menjadi affiliator atau reseller skincare. Kamu hanya menjual kembali produk skincare dari suatu merek atau platform tertentu dengan menambahkan margin keuntungan sendiri. Saat ini penjualan skincare begitu naik dan menguntungkan, karena masyarakat lebih sadar akan pentingnya merawat kesehatan dan kecantikan kulit, sehingga skincare dijadikan sebagai kebutuhan primer. Selain itu, perkembangan teknologi digital juga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi, rekomendasi, dan akses terhadap produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Jika kamu ingin mulai menjadi pebisnis sukses tetapi tidak memiliki bekal dasar  bisnis, kamu bisa mengikuti Mitra Reseller Beyondly. Menawarkan produk skincare yang berkualitas tinggi dan sudah terverifikasi BPOM serta halal, milik perusahaan Paragon Corp. Beyondly akan membimbing pebisnis pemula dengan kelas bisnis khusus, menyediakan marketing tools untuk membantumu promosi, serta mengikuti event gathering untuk bertemu dengan para bisnis expert lainnya. Produk skincare kecantikan sekaligus kesehatan mulai dari Beyondly Fitclair Collagen Drink, Collagen Skincare, hingga Essential Oil, menjadi satu-satunya di Indonesia skincare dengan kandungan kolagen yang tentunya akan memberikan nilai lebih bagi penjualan mu. 

Informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi instagram @BeyondlyOfficial!




Beyondly Blog