Hati-Hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Kulit Kusam

ilustrasi kulit kusam/ freepik.com

Kulit kusam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kebiasaan buruk dalam perawatan kulit dan gaya hidup.



Untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk dan melakukan perawatan kulit dengan baik, mulai dari membersihkan wajah secara rutin, menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide dan collagen serta melindungi kulit dari faktor yang menyebabkan kusam. Simak artikel berikut untuk tau faktor penyebab kulit kusam dan bagaimana cara mengatasinya!

Penyebab Kulit Kusam


  1. Lupa menggunakan sunscreen

Paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini serta kusam. Gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup dan hindari paparan sinar matahari secara langsung. Kamu bisa menggunakan pelindung wajah seperti topi atau payung, dan pastikan menggunakan kembali sunscreen setelah 2 jam sekali. 


  1. Gaya hidup yang buruk 

Gaya hidup yang tidak sehat juga berdampak pada kulit yang terlihat kusam dan lelah, maka hindari kebiasaan kurang tidur dan merokok. Selama tidur, tubuh memperbaiki dan memperbaharui sel-sel kulit sehingga jika Kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka akan menghambat proses ini. Cobalah tidur dengan waktu yang cukup, 7-9 jam per malam. Selain itu, merokok juga dapat merusak kulit karena kandungan zat kimia pada asap rokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit, sehingga kulit jadi terlihat kusam dan lebih tua.


  1. Pola makan yang tidak sehat

Hal ini yang jarang kita perhatikan. Ternyata, sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan cepat saji dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, dan dapat mempengaruhi kulit. Kamu bisa menyeimbangkan asupan makanan dengan mengkonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung nutrisi penting seperti omega-3. Dengan kebiasaan rutin mengonsumsi makanan sehat, kulitmu akan tampak sehat dan bercahaya. 


  1. Kurangnya hidrasi

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit. Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Pastikan Kamu mengonsumsi air putih yang cukup, dan mengurangi minuman-minuman yang tidak sehat.


  1. Jarang membersihkan wajah 

Membersihkan wajah bukan hanya saat kamu selesai beraktifitas di luar rumah, tetapi menjaga kebersihan wajah walaupun seharian di rumah juga penting. Karena kulit yang jarang dibersihkan akan tampak kusam dan lusuh. Pastikan wajahmu selalu bersih dengan perlindungan rangkaian skincare yang tepat.  


Bagaimana Mencerahkan Kulit yang Kusam?


Mencerahkan kulit kusam terkadang tidak secepat menyebabkannya. Tetapi dengan perawatan khusus dan tepat, Kamu bisa perlahan mengembalikan kecerahan wajahmu. Hindari kesalahan-kesalahan yang menyebabkan kulitmu kusam seperti gaya hidup yang tidak sehat dan malas membersihkan wajah. Namun masih ada banyak cara untuk mengembalikan kulit kusam mu, salah satunya dengan rangakaian skincare dari Beyondly Elite Bright & Glow. Dari beberapa testimoni yang ada, #BeyondlyTernyataCocok untuk mengatasi permasalahan kulit kusam. Ada 4 step yang bisa kamu coba:


  • Step 1: Beyondly Glowlasting Collagen Cleanser. Kandungan Micro-Molecular™ Collagen dan Hyaluronic Acid nya membantu membersihkan wajah secara optimal, menjaga kelembaban wajah, dan membuat kulit tampak lebih cerah. Gunakan pembersih wajah ini untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian.


  • Step 2: Beyondly Pomegranate Collagen Serum. Collagen Serum ini mengandung Micro-Molecular™ Collagen, 10% Niacinamide, dan Pomegranate yang diformulasi untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan glowing. Selain itu, manfaatnya dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan cocok untuk semua jenis kulit, gunakan secara rutin selama 14 hari untuk hasil yang efektif.


  • Step 3: Beyondly Glowlasting Collagen UV Care Moisturizer. Mengandung Micro-Molecular™ Collagen, 5% Niacinamide, dan Hyaluronic Acid yang melembapkan dan membuat wajah tampak lebih cerah. Moisturizer ini juga megandung UV Filter yang melindungi wajah dari paparan sinar UV.


  • Step 4: Beyondly Fitclair Collagen Drink. 5000 mg Collagen Cair SAT SET Pertama di Indonesia, membuat kulit tampak cerah dan sehat dari dalam. Tidak perlu khawatir untuk rutin mengkonsumsi, karena collagen drink ini rendah gula dan kalori. 

Baca lainnya: 8 Cara Memutihkan Kulit

Rutin menggunakan rangkaian skincare di atas untuk hasil mencerahkan kulit luar dalam yang maksimal. Mengembalikan kecerahan kulit memang tidak mudah, tapi memilih produk perawatan kulit yang cocok adalah cara tepat untuk membantu mengatasi masalah kulit kusam mu.




Beyondly Blog