Manfaat Centella Asiatica, Cocok Untuk Kulit Sensitif!

Salah satu manfaat centella asiatica adalah membantu menenangkan kulit yang kemerahan dan cocok digunakan oleh kulit sensitif.

Centella Asiatica adalah salah satu bahan skincare yang telah bertahun lamanya dikenal memiliki manfaat untuk merawat kulit sensitif.

Pecinta skincare pasti sudah tak asing lagi dengan Centella Asiatica, yang sering digunakan sebagai bahan utama berbagai produk skincare. Kamu bisa menemukannya di pelembap wajah hingga krim anti aging. Sebenarnya apa sih manfaat Centella Asiatica? Sebelumnya, kita cari tahu dulu yuk, apa itu Centella Asiatica.

Apa Itu Centella Asiatica?

Centella Asiatica adalah tanaman herbal yang tumbuh di benua Asia. Sebenarnya tanaman ini bukan baru ditemukan, bahkan sudah lama dijadikan obat di China dan benua Afrika. Beberapa menjadikannya sebagai obat untuk mengobati luka karena terkena pisau atau karena terbakar. Di dunia kosmetik modern, barulah tanaman ini dijadikan bahan skincare dan alat kosmetik. 

Sebagian bangsa di peradaban kuno menggunakannya untuk gatal-gatal ringan dan mengobati kulit dari gigitan serangga. Beberapa negara yang ditumbuhi Centella Asiatica adalah India, Pakistan, Sri Lanka, Afrika Selatan, Madagaskar, Amerika Tengah dan beberapa negara di Eropa Timur.


Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulit

Lalu apa saja manfaat Centella Asiatica bagi kesehatan kulit? Tanaman ini di antara lain fungsinya adalah:

  1. Kaya Akan Antioksidan

Tanaman Centella Asiatica mengandung komponen antioksidan yang sangat baik bagi kulit. Antioksidan dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, jadi otomatis mengurangi risiko penuaan dini, kulit menggelap dan warnanya tidak rata. Selain itu, antioksidan juga dapat meningkatkan hidrasi, sehingga kulit tampak lebih muda dan segar alami. 

Antioksidan juga membantu menstimulasi produksi kolagen dan elastin yang sangat baik bagi kulit. Timbulnya garis halus dan keriput pun bisa dihindari oleh antioksidan. Produksi kolagen yang lebih baik akan memperbaiki tekstur kulit, membuat permukaan kulit lebih halus.

Baca lainnya: 6 Cara Merewat Kulit Supaya Sehat dan Segar

  1. Membantu Melembapkan Kulit

Centella Asiatica sering ditemukan pada produk pelembap kulit, karena kandungan alaminya mampu membantu mempertahankan dan meningkatkan kelembapan kulit. Setiap saat kulit kita membutuhkan air dan minyak agar lebih fleksibel, kenyal dan tampak segar. Kulit yang dehidrasi akan terlihat kusam dan tampak lebih tua dari usia seharusnya. 

Ternyata Centella Asiatica memiliki kandungan karbohidrat yang bertugas meningkatkan kelembapan kulit sekaligus mendukung berkurangnya gejala anti penuaan dini. Kulit yang lembut dan terhidrasi tidak akan mudah timbul keriput dan garis-garis halus.

  1. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Komponen yang terkandung dalam tanaman Centella Asiatica antara lain adalah madecassoside, madecassic acid, asiaticoside dan asiatic acid. Paduan keempat mampu membantu menyembuhkan luka ringan dengan lebih cepat. Luka yang diakibatkan oleh gigitan serangga, jerawat, terbakar matahari dan penyebab lainnya bisa lebih cepat sembuhnya. 

Madecassoside, madecassic acid, asiaticoside dan asiatic acid bekerja dengan cara meningkatkan jumlah kolagen yang diproduksi kulit. Selain itu lapisan sel fibronectin pun ditingkatkan jadi luka pun lebih mudah sembuh.

Gunakan Serum Terbaik Ini dengan Kandungan Centella Asiatica

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan manfaat Centella Asiatica adalah dari penggunaan serum wajah. Pilih yang terbaik, seperti Beyondly Calm Barrier Collagen Serum yang diformulasikan dengan Micro-Molecular™ Collagen, Centella Asiatica, Hyaluronic Acid, Niacinamide, Allantoin, dan Lavender. Fungsinya untuk menenangkan kulit yang lelah serta memperbaiki dan memperkuat skin barrier.

Tak hanya itu, serum kolagen ini juga mampu mengembalikan dan meningkatkan kelembapan kulit, serta menjadikan kulit lebih segar dan sehat. Apalagi ada kandungan alami seperti Salmon DNA dan Apple Fruit Cell Culture, membuatnya makin optimal untuk memperbaiki tekstur kulit. Mendapatkan manfaat Centella Asiatica jadi makin mudah!

Beyondly Blog