4 Cara Mengatasi Skin Barrier yang Rusak

Mengatasi kulit berontak karena skin barrier rusak

Menghindari jerawat, wajah kering, dan penuaan dini dengan mengatasi skin barrier yang rusak.

Saat skin barrier rusak, kulit jadi tidak terlindung. Bakteri mudah menyerang, sehingga jerawat pun lebih mudah tumbuh. Masalah lain yang mungkin timbul adalah kulit wajah jadi terlalu kering, sehingga mudah muncul gejala penuaan dini, Lalu bagaimana cara mengatasi skin barrier yang rusak agar kembali seperti normal?

Skin Barrier Itu Apa?

Kulit kita terdiri dari beberapa lapisan, masing-masing punya peran pentingnya sendiri. Lapisan yang paling luar, disebut stratum corneum, sering kali disebut sebagai dinding pembatas, berupa sel-sel kulit bernama corneocytes yang membentuk lipid. Inilah skin barrier kita. Di dalamnya ada keratin dan pelembap natural. Di tiap lapisannya terdiri dari kolesterol, asam lemak dan ceramide. 

Tips Mengatasi Skin Barrier yang Rusak

Kalau skin barrier rusak, ada beberapa cara untuk mengatasinya, di antaranya adalah:

1. Lakukan Rutinitas Skincare

Kulit kita membutuhkan perawatan yang dilakukan secara rutin agar skin barrier tetap terjaga dan yang rusak bisa diperbaiki. Jadi jangan lupa lakukan rutinitas skincare setiap hari. Sebenarnya perawatan kulit tidak terlalu rumit, kita bisa pilih urutan yang paling simpel, tidak perlu yang produknya terlalu banyak. Pilih produk terbaik dan rutinitas simpel, asalkan teratur pasti skin barrier terjaga kondisinya. 

2. Perhatikan Kadar pH

Kulit kita memiliki pelindung atau mantel dengan kandungan asam atau pH sekitar 4.7. Sedangkan kandungan pH di dalam berbagai produk skincare berkisar antara 3.7 – 8.2. Para ahli sangat menyarankan menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan pH antara 4.0 – 5.0 saja, jangan lebih dari itu. Penting sekali untuk memperhatikan kadar pH saat memilih produk untuk kulit. 

3. Aplikasikan Produk Skincare yang Mengandung Minyak dari Tanaman

Minyak yang berasal dari beberapa tanaman dapat membantu memperbaiki skin barrier yang rusak, dengan cara mencegah kelembapan hilang dari kulit. Kebanyakan minyak dari tanaman bersifat antibakteri, anti inflamasi dan memiliki efek antioksidan juga. 

Beberapa minyak dari tanaman yang manfaatnya sangat baik adalah:

  • jojoba oil

  • coconut oil

  • almond oil

  • argan oil

  • rosehip oil

  • sunflower oil. 

4. Gunakan Produk Skincare yang Mengandung Hyaluronic Acid

Kulit kering adalah masalah banyak orang yang sangat mengganggu. Apalagi kalau sampai timbul garis-garis halus dan keriput. Salah satu penyebab kulit kering adalah skin barrier yang rusak dan tidak bisa lagi melindungi kulit dari berbagai penyebab kulit kering. 

Gunakan produk skincare yang mampu meningkatkan kelembapan kulit, biasanya yang mengandung Hyaluronic Acid. Selain itu, bahan lain yang sangat disarankan adalah Glycerin, madu dan Petrolatum. Penggunaan secara teratur akan melembapkan kulit dengan optimal. 

Baca lainnya: Merawat kulit tetap sehat dan segar

Pilih Serum Terbaik dengan Hyaluronic Acid

Jaga skin barrier dengan serum terbaik yang mengandung Hyaluronic Acid seperti Beyondly Calm Barrier Collagen Serum. Kandungan lain di serum ini antara lain adalah Micro-Molecular™ Collagen, Centella Asiatica, Niacinamide, Allantoin, dan Lavender yang berfungsi untuk menenangkan kulit, mencerahkan kulit, menyeimbangkan kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya agar terlihat awet muda

Ada pula kandungan alami lain seperti Apple Fruit Cell Culture dan Salmon DNA yang mampu membantu mengatasi berbagai tanda penuaan seperti garis halus dan flek hitam. Sudah dilengkapi juga dengan Penetration Enhancer yang dapat menyerap serum dengan lebih cepat, hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam. Mengatasi skin barrier yang rusak pun jadi lebih mudah!



Beyondly Blog