5 Ciri Skin Barrier Kamu Terawat dan Sehat, Rawat Jangan Sampai Rusak!

Kondisi skin barrier sehat /freepik.com

Kenali ciri-ciri berikut untuk mengetahui kondisi skin barrier mu sehat atau justru malah rusak

Kulit yang sehat adalah kulit dengan skin barrier yang terawat. Skin barrier adalah lapisan pelindung kulit yang terdiri dari lapisan permukaan epidermis dan lapisan lemak. Lapisan-lapisan tersebut membantu menjaga kelembaban, melindungi dari zat berbahaya, untuk mencegah kehilangan kadar air pada kulit. 

Ketika skin barrier bermasalah, tidak hanya berdampak pada tekstur kulit saja, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan kulit lho. Nah biasanya, skin barrier yang tidak sehat ditunjukkan dengan rasa gatal yang terasa pada kulit, kulit tampak kemerahan, hingga kulit yang tampak kering.

Nah, lebih lengkap mengenai ciri skin barrier sehat dan terawat, yuk simak artikel di bawah!


5 Ciri Skin Barrier Normal dan Sehat


1. Kelembaban Kulit yang Optimal

Skin barrier yang sehat akan menjaga kulit tetap lembap. Kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak dapat menandakan ketidakseimbangan dalam skin barrier. 


2. Warna Kulit yang Merata

Kulit yang sehat memiliki warna kulit merata tanpa adanya bercak atau perubahan warna yang signifikan. Jika ada perubahan warna yang mencolok, ini bisa menjadi tanda masalah pada skin barrier atau peradangan.


3. Kehalusan dan Kekencangan Kulit

Skin barrier yang sehat akan tampak halus, kenyal, dan kencang. Kehilangan elastisitas, kerutan, atau tekstur yang tidak merata bisa menjadi tanda-tanda skin barrier yang rusak.


4. Tidak Ada Iritasi atau Jerawat

Skin barrier yang baik akan melindungi kulit dari iritasi dan infeksi, sehingga akan memiliki kulit bebas dari jerawat, ruam, dan peradangan kulit yang lainnya. Pastikan untuk merawat kulit dengan produk yang cocok untuk jenis kulit kamu.


5. Tidak Ada Sensasi Terbakar atau Gatal


Kulit yang sehat tidak akan terasa gatal, terbakar, atau merah. Jika kamu mengalami ketidaknyamanan pada kulit, ini bisa menjadi tanda bahwa skin barrier kamu rusak. Hindari penggunaan produk yang keras atau terlalu agresif, dan pastikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Baca lainnya: 6 Cara Merawat Kulit Supaya Sehat dan Segar


Cara Menjaga Skin Barrier Agar Tetap Sehat


Penting untuk menjaga kebersihan kulit, merawat kesehatan kulit dari luar dan dalam, serta menghindari faktor-faktor yang dapat merusak skin barrier seperti:

  • Sinar matahari berlebihan: Perlindungan kulit dari paparan sinar UV yang menyebabkan sel-sel kulit rusak dengan sunscreen minimal SPF 30. Selain skin barrier rusak, radiasi sinar UV juga menyebabkan penuaan dini, merusak elastisitas kulit dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. 

  • Konsumsi asupan makan yang sehat: Hindari konsumsi alkohol, dan perbanyak mengkonsumsi asupan buah serta sayur. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam

  • Menjaga hidrasi kulit: Rutin konsumsi air putih untuk menjaga hidrasi tubuh dari dalam serta menggunakan serum perawatan kulit sebagai tahapan skincare paling mendasar. Gunakan serum dengan kandungan Collagen, Centella Asiatica, dan Hyaluronic Acid dari  Beyondly Calm Barrier Collagen Serum untuk menutrisi kulit dari luar dan dalam. Serum dari #BeyondlyTernyataCocok untuk mengatasi permasalahan skin barrier dan menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat. Jangan lupa untuk tetap merawat kesehatan skin barrier dengan menjaga pola hidup sehat dan rutin menggunakan skincare yang tepat.

Beyondly Blog