6 Hal Ini yang Sering Disepelekan dan Bikin Kulit Kusam

Ilustrasi foto kulit kusam/ freepik.com

Kulit jadi kusam karena sering sepelin hal-hal ini

Kulit yang sehat dan bercahaya adalah dambaan banyak orang. Namun, seringkali kita mengabaikan beberapa hal yang tampak sepele,yang ternyata berdampak besar pada kecerahan kulit kita. Tidak hanya paparan sinar matahari yang berlebihan atau kurangnya perawatan kulit, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Simak artikel ini, untuk tahu 6 hal yang sering diabaikan yang ternyata bikin kulit kusam, dan cara menangani nya.


Penyebab Kulit Tampak Kusam


1. Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat bisa menjadi permasalahan besar terjadinya kulit kusam. Kurang minum cukup air putih, merokok, dan tidur larut malam. Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air sehari untuk menjaga kulit tetap segar dan tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kulit tetap berseri.  Hal tersebut yang terkadang sepele tapi ternyata menyebabkan permasalahan seperti lingkaran hitam bawah mata bahkan kulit tampak kusam.

 2. Menyepelekan Perlidungan dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama kulit kusam dan penuaan dini. Sinar UV dapat merusak kolagen kulit dan menyebabkan hyperpigmentasi. Gunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca mendung, untuk melindungi kulit dari sinar berbahaya. 

3. Menggunakan Air Panas Saat Cuci Muka

Jangan biasakan mencuci muka dengan air panas, karena itu dapat membuat kulit kering, iritasi dan kusam. Lebih baik membersihkan wajah dengan temperatur air yang normal

4. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Salah

Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa berdampak buruk. Produk yang mengandung bahan kimia keras atau tidak cocok dengan jenis kulit dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kusam. Gunakan produk skincare yang mengandung Niacinamide, Vitamin c, dan Hyaluronic Acid untuk mengembalikan kulit kusam dan tetap menjaga nutrisi pada kulit. 

 5. Kurangnya Asupan Nutrisi

Kulit memerlukan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat dan bercahaya. Kekurangan vitamin, mineral, dan asupan collagen tertentu dapat membuat kulit kusam. Pastikan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk menjaga kesehatan kulit.

6. Eksfoliasi Kulit

Mengeksfoliasi kulit, melembabkan dua kali sehari, menggunakan serum dan masker wajah yang menghidrasi, serta mengaplikasikan produk retinoid dapat membantu menggantikan kulit yang tampak kusam dengan kulit yang tampak lebih sehat dan cerah. Retinoid, yang merupakan bagian dari vitamin A, terbukti secara ilmiah dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit.


Cara Cepat dan Tepat Mencerahkan Kulit Kusam 


Kulit kusam dapat disebabkan oleh dehidrasi, pilihan gaya hidup, atau rutinitas perawatan kulit yang salah. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kecerahan alami kulit. Salah satunya dengan rutin menggunakan skincare yang tepat sesuai kebutuhan kulit. Rekomendasi skincare dari #BeyondlyTernyataCocok untuk mengatasi permasalahan kulit kusam mu.Gunakan secara rutin:

  • Glowlasting Collagen Cleanser

Memiliki kandungan Micro-Molecular™ Collagen, Pomegranate, dan Hyaluronic Acid yang dapat membantu mencerahkan kulit dan melembapkan tekstur kulit. 

  • Pomegranate Collagen Serum

Satu-satunya serum di Indonesia yang memiliki kandungan Micro-Molecular™ Collagen, diperkaya dengan kandungan Niacinamide, Hyaluronic Acid, dan Vitamin C. Paket lengkap untuk mengatasi kulit kusam hanya dengan satu kemasan serum.

  • Glowlasting Collagen UV Care Moisturizer

Pelembab dapat memperbaiki dan melindungi kulit. Menutrisi kelembaban kulit dengan kandungan Micro-Molecular™ Collagen, Niacinamide dan Hyaluronic Acid, cocok untuk semua jenis kulit dan melindungi dari paparan sinar UV. 

Baca lainnya: 8 Cara memutihkan kulit

Dalam menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya, tidak hanya produk perawatan yang penting, tetapi juga kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan. Dengan memperhatikan hal-hal sederhana seperti minum air yang cukup, tidur yang memadai, dan perlindungan matahari, kamu juga dapat menjaga kulit tetap segar dan berseri. Selain itu, hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat memiliki kulit yang sehat dan bersinar sepanjang waktu.






Beyondly Blog