Bekas Jerawat Menghitam, Apakah Bisa Hilang?

Noda hitam bekas jerawat/ freepik.com

Ternyata bekas jerawat yang menghitam bisa hilang loh

Bekas jerawat menghitam terjadi karena proses kemunculan jerawat dapat menyebabkan hiperpigmentasi, sehingga warna kulit di lokasi bekas jerawat  cenderung lebih gelap. Pasalnya, proses inflamasi kulit ketika jerawat merangsang proses melanin berlebih yang meninggalkan noda hitam bekas jerawat terkadang sulit hilang.  Lalu apa saja faktor lain dari penyebab terjadinya noda hitam bekas jerawat yang sulit hilang, dan bagaimana cara mengatasinya?


Temukan jawabannya pada artikel berikut!

Peyebab Terjadinya Hyperpigmentasi

  1. Genetik

Faktor keturunan bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya hiperpigmentasi atau noda hitam bekas jerawat yang sulit hilang. Seseorang yang secara genetik memiliki kecenderungan mengalami hiperpigmentasi kulit akan berisiko lebih tinggi untuk mengalami bekas jerawat menghitam dan sulit dihilangkan. 


  1. Proses Penuaan 

Seiring bertambahnya usia, produksi melanin cenderung meningkat, adanya perubahan hormonal, dan kerusakan kolagen serta elastin yang dapat mengakibatkan munculnya hiperpigmentasi pada kulit atau flek hitam bekas jerawat yang sulit menghilang..

Baca lainnya: Usia mulai tampak tanda penuaan

  1. Paparan Sinar UV Berlebih

Paparan sinar matahari dapat merangsang produksi melanin dari adanya radiasi ultraviolet (UV). Jika paparan berlebihan, ini dapat menyebabkan penumpukan melanin di area tertentu, menghasilkan hiperpigmentasi hingga noda hitam bekas jerawat yang memburuk bukan nya memudar.


  1. Peradangan Kulit

Beberapa kondisi kulit, seperti jerawat atau eksim, luka bakar, atau peradangan kulit dapat merangsang sel-sel melanosit (sel-sel yang menghasilkan melanin) untuk meningkatkan produksi melanin di area kulit, sehingga dapat meninggalkan noda hitam atau hiperpigmentasi. 


Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat



Noda hitam bekas jerawat tentunya bisa hilang, tergantung pada penyebabnya. Untuk pengobatan yang lebih efektif, kamu bisa konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit untuk merancang rencana perawatan yang sesuai. Solusi yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan serangkaian skincare dengan kandungan bahan aktif yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut lebih cepat. Salah satunya adalah rangkaian skincare dari Beyondly Paket Expert Bright and Glow, karena #BeyondlyTernyataCocok untuk mengatasi permasalahan tersebut. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal mulai dari:



  • Beyondly Glowlasting Collagen Cleanser: Membersihkan wajah dari faktor luar sekaligus menutrisi kulit dengan kandungan Micro-Molecular™ Collagen, Pomegranate, dan Hyaluronic Acid sangat dibutuhkan untuk melembabkan dan membuat wajah bersih secara maksimal.  

  • Beyondly Pomegranate Collagen Serum:  Perawatan dengan serum adalah skincare mendasar untuk perawatan wajah, kandungan bahan aktif Micro-Molecular™ Collagen, 10% Niacinamide, dan Pomegranate nya ampuh memudarkan noda bekas jerawat dan menggantikan kadar collagen yang berkurang. 

  • Beyondly Glowlasting Collagen UV Care Moisturizer: Pelembap sekaligus UV protection yang dapat membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat, serta berperan sebagai perlindungan awal dari paparan sinar UV berlebih. 



Kenali penyebab terjadinya hiperpigmentasi atau noda hitam bekas jerawat yang sulit hilang pada wajah, untuk menentukan perawatan yang tepat dan cocok. Selain perawatan dengan skincare, kamu juga perlu memperhatikan pola hidup yang sehat dan menghindari faktor-faktor lain penyebab hiperpigmentasi yang bisa terjadi. 



Beyondly Blog