Usia 20 Tahun Sudah Muncul Keriput, Apa Penyebabnya?

Keriput muncul di usia muda /freepik.com

Tanda penuaan biasanya terjadi di usia 30 tahun keatas, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi sejak usia 20 tahun-an, apa penyebab nya?

Keriput adalah tanda penuaan yang biasanya muncul di awal usia 30an. Namun, terkadang seseorang dapat mengalami keriput pada usia yang relatif muda, seperti usia 20 tahun. Kemunculan keriput di usia muda dapat terjadi karena jaringan kolagen dan elastisitas kulit yang melemah. Terdapat banyak hal yang menyebabkan keruput muncul pada usia muda. Lebih lengkap mengenai penyebab keruput di usia muda dan cara mengatasinya, yuk simak artikel berikut!


5 Penyebab Terjadinya Keriput di Wajah pada Usia Muda


1. Paparan Sinar Matahari


Paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan penyebab utama keriput pada usia muda. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang merusak kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin yang rusak akan mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya, yang kemudian mengakibatkan timbulnya keriput.


2. Kebiasaan Merokok


Merokok adalah faktor risiko utama yang berkontribusi pada penuaan dini, termasuk munculnya keriput. Rokok mengandung zat-zat kimia yang dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, mengurangi aliran darah ke kulit, dan mengakibatkan kurangnya oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat.


3. Pola Makan yang Tidak Sehat


Asupan makanan berperan penting dalam kesehatan kulit. Diet yang kaya akan makanan olahan, gula, dan lemak jenuh dapat mempercepat proses penuaan kulit. Sebaliknya, makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga elastisitasnya. 


4. Stres yang Berlebihan


Stres berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini. Ketika tubuh terpapar stres, hormon kortisol dilepaskan, yang dapat merusak kolagen dalam kulit. Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi kebiasaan tidur dan mengganggu istirahat yang cukup, yang merupakan faktor penting dalam mempertahankan kulit sehat. 

5. Genetik


Selain faktor-faktor lingkungan, genetik juga dapat mempengaruhi seberapa cepat seseorang mengalami penuaan kulit, termasuk keriput. Jika orang tua atau nenek moyang kamu memiliki keriput pada usia muda, kamu mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami hal yang sama.


Baca lainnya: Cara mengatasi penuaan dini

Bagaimana Cara Mengatasinya?


Pencegahan adalah kunci utama dalam mengatasi keriput pada usia muda.  Melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan menggunakan sunscreen dan alat pelindung merupakan hal sederhana untuk melindungi kulitmu dari faktor luar. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan perawatan kulit yang tepat dan asupan nutrisi yang sehat untuk mengatasi masalah penuaan dini. 


Kamu bisa mengkonsumsi rutin Beyondly Fitclair Collagen Drink yang bisa memberikan perawatan kulit dari dalam secara maksimal, berkat kandungan 5000 mg Collagen Cair,  Marine Collagen Peptide, L-Glutathione dan Vit. C Alami. 


Kulit mu akan tampak lebih kencang, glowing, dan terawat. Collagen drink dari #BeyondlyTernyataCocok untuk memberikan asupan collagen dalam tubuh yang berkurang dan kehilangan kadar elastisitasnya. Rutin menjaga kulit dengan merawatnya dengan skincare yang tepat serta menjalani gaya hidup sehat adalah langkah-langkah penting yang dapat membantu mencegah atau mengurangi munculnya keriput di usia 20 tahun.



Beyondly Blog