Kenali Jam Biologis Kulit, Penting untuk Cegah Penuaan Dini

Skincare malam /freepik.com

Kapan ya waktu terbaik untuk perawatan kulit malam hari agar hasil maksimal?


Seperti halnya tubuh, kulit kita punya jam biologis yang perlu diperhatikan lho. Pasalnya, di zaman sekarang, kita kerap kali mengabaikan jam biologis yang sebenarnya secara alami menjadi patokan kapan kulit kita harus aktif dan beristirahat. 

Nah, secara alami kulit memiliki fungsi proteksi di siang hari dan skin repair atau healing di malam hari. Memperhatikan jam biologis kulit di malam hari menjadi krusial karena saat itulah proses regenerasi kulit terjadi. Jika siklus atau jam biologis tersebut rusak, tentu akan mengganggu proses skin repair dan menyebabkan berbagai tanda penuaan dini terjadi. Yuk, mari kita bahas mengenai jam biologis kulit dan bagaimana caranya untuk menjaga jam biologis tersebut agar kita terhindar dari penuaan dini!

Baca lainnya : Munculnya tanda-tanda penuaan dini

Jam Biologis Kulit Ketika Malam Hari

Pada malam hari, kulit kita memasuki fase regenerasi yang lebih aktif. Sel-sel kulit memperbaiki diri, memproduksi kolagen, dan mengganti sel-sel yang telah rusak. Oleh karena itu, malam hari adalah waktu yang ideal untuk menggunakan produk perawatan kulit seperti serum dan pelembab yang kaya akan nutrisi. Setelah fase regenerasi, ada waktu tertentu dalam peningkatan penyerapan kulit. Idealnya 2 jam sebelum waktu tidur, karena penyerapan bahan aktif pada malam hari membutuhkan waktu yang cukup agar benar-benar maksimal meresap. Gunakan produk dengan bahan seperti Collagen, Salmon DNA, Asam hialuronat, dan Peptida untuk memaksimalkan manfaatnya. Pastikan kulit bersih sebelum mengaplikasikan produk agar penyerapannya lebih optimal.

Cara Merawat dan Mencegah Penuaan Dini

  1. Bersihkan Wajah dengan Lembut

Gunakan pembersih wajah yang lembut untuk menghilangkan kotoran dan sisa makeup. Hindari penggunaan pembersih yang terlalu keras agar kulit tidak kehilangan kelembaban alaminya. Contohnya, pilihan pembersih wajah dengan type gentle, agar kulit tetap lembut, sehat tanpa rasa ketarik. 

  1. Hindari Paparan Radiasi

Layar gadget dan cahaya biru dari lampu dapat merusak kolagen dan elastin kulit. Gunakan aplikasi filter cahaya biru pada perangkat elektronik dan hindari penggunaan gadget sebelum tidur.

  1. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat mempercepat penuaan kulit. Pastikan kamu tidur cukup agar kulit memiliki waktu yang optimal untuk beristirahat dan memperbaiki diri.

4. Gunakan Skincare 

Pilih skincare yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, Salmon DNA, Collagen dan peptida. Skincare dengan kandungan bahan aktif tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang produksi kolagen. 



Sebagai perawatan khusus malam hari untuk memperbaiki jam biologis kulitmu, kamu bisa coba menggunakan rangkaian skincare dari Beyondly Paket Elite Anti Dark Spot & Wrinkle. Step pertama, bersihkan wajah dengan Beyondly Glowlasting Collagen Cleanser yang memiliki kandungan Micro-Molecular™ Collagen serta Hyaluronic Acid, bukan hanya membersihkan wajah saja, tetapi juga mencerahkan wajah. Lalu gunakan Beyondly Youth Power Collagen Serum dan Beyondly Glowlasting Collagen Overnight Moisturizer, kombinasi serum dan moisturizer dengan kandungan expert Micro-Molecular™ Collagen dan Synchrolife™  untuk mengembalikan kemampuan self-healing kulitmu. Fungsi 3 in 1 dalam satu kemasan Beyondly Glowlasting Collagen Overnight bukan hanya baik untuk melembapkan, tapi berfungsi baik untuk memudarkan mata panda dan memperbaiki proses regenerasi kulit. Perawatan kulit dari luar saja tidka cukup, penuhi kebutuhan perawatan kulit mu dengan mengkonsumsi Fitclair Collagen Drink.  Kandungan 5000 mg Collagen Cair dan Marine Collagen Peptide-nya membantu tubuh menjadi lebih fit serta kulit menjadi tampak awet muda. 

Dengan memahami jam biologis kulit dan merawatnya dengan baik, kita dapat menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini secara maksimal loh!



Beyondly Blog