Penuaan Dini Muncul di Usia Berapa? Ini Faktanya!

Penuaan dini yang bisa diatasi dengan memperhatikan kandungan kadar Collagen pada tubuh

Semua orang akan mengalami proses penuaan yang berpengaruh terhadap berkurangnya kandungan collagen dalam tubuh, tetapi pertanyaan yang sering muncul adalah "Penuaan dini muncul di usia berapa?" Jawabannya tidak pasti.



Karena penuaan dini dapat terjadi terhadap individu secara berbeda-beda. Namun, ada beberapa faktor dan solusi yang bisa membantu kita mengatasi penuaan dini yang mulai muncul. Simak artikel berikut, untuk mendapatkan informasi mengenai kapan penuaan dini biasanya muncul, penyebab, dan cara mengatasinya.

Faktor yang Mempengaruhi Penuaan Dini

1. Genetika 

Adanya faktor genetika dapat menentukan kapan penuaan dini muncul, jika orang tua atau kakek-nenek kamu mengalami penuaan dini lebih cepat, kamu mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami hal yang sama karena produksi Collagen dalam tubuh yang menurun lebih cepat atau tidak seefisien orang lain.


2. Gaya Hidup 

Gaya hidup juga dapat mempengaruhi penuaan dini. Misalnya, merokok, konsumsi alkohol berlebihan, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya olahraga. Berdasarkan hal itu, produksi Collagen dalam tubuh akan menurun atau bahkan rusak, sehingga dapat mempercepat proses penuaan kulit dan tubuh.


3. Lingkungan

Paparan polusi udara, zat kimia berbahaya, dan radikal bebas dari lingkungan sekitar dapat mempengaruhi kulit dan menyebabkan penuaan dini. Contohnya, paparan sinar UV dapat merusak sel kulit dan mengurangi efektivitas produksi Collagen. 


4. Stres

Kondisimu yang tidak baik, atau sering stres dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh, yang akhirnya dapat mempengaruhi kondisi kulit. Dampak buruknya jika stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan penuaan dini. Kamu bisa melakukan teknik relaksasi, meditasi, hingga tidur yang cukup untuk menjaga kadar Collagen dalam tubuh. 

Kapan Penuaan Dini Muncul?

Penuaan dini biasanya mulai terlihat di usia 20-an atau awal 30-an. Pada usia ini, produksi Collagen mulai berkurang, karena beberapa faktor yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Namun, perubahan kulit yang terlihat akan bervariasi tergantung pada individu. Beberapa orang mungkin mengalami tkamu-tkamu penuaan dini lebih awal, sementara yang lain mungkin terlihat lebih muda dari usia sebenarnya. Penuaan adalah proses alami, namun untuk mengalami penuaan dini atau tidak adalah pilihan. Dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup yang sehat, kamu dapat menjaga kulit dan tubuh tetap segar dan sehat dalam waktu yang lebih lama.


Baca lainnya: Cara Merawat Kulit Sehat dan Segar

Cara Mengatasi Penuaan Dini

Berdasarkan beberapa faktor penuaan dini diatas, kamu dapat mengatasi penuaan dini dengan berbagai cara, salah satunya perawatan khusus untuk kulit dan memperhatikan asupan kadar collagen kepada tubuh. Fungsi utama collagen bagi perawatan kulit antara lain untuk meningkatkan kekencangan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, meningkatkan kelembaban kulit, mencerahkan kulit, dan mengurangi peradangan serta iritasi. 


Nah, untuk mengatasi permasalahan penuaan dini, kamu dapat menggunakan rangkaian skincare sebagai berikut:

  1. Beyondly Glowlasting Collagen Cleanser
    Cleanser atau pembersih wajah memainkan peran penting yang tidak bisa disepelekan. Untuk mengatasi penuaan dini, kamu perlu menggunakan cleanser yang sekaligus dapat melembapkan seperti Beyondly Glowlasting Collagen Cleanser. Cleanser yang satu ini mengandung Micro-Molecular™ Collagen, Hyaluronic Acid, dan Pomegranate.


  2. Youth Power Collagen Serum

Serum memainkan peran penting dalam merawat kulit untuk mencegah bahkan mengatasi penuaan dini. Salah satu kandungan serum yang dikenal mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan adalah Youth Power Collagen Serum. Kandungan pada serum ini adalah Micro-Molecular™ Collagen, Salmon DNA, Apple Fruit Cell Culture, Niacinamide, Matrixyl® 3000, dan Palmitoyl Tripeptide-5.

  1. Glowlasting UV Care Moisturizer 

Moisturizer dengan kandungan Micro-Molecular™ Collagen, Niacinamide, dan Hyaluronic Acid. Perawatan kulit maksimal dari luar dengan hasil yang lebih lembap, glowing, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV untuk membantu menjaga kulit dari munculnya penuaan dini.

  1. Fitclair Collagen Drink

Collagen Drink siap minum yang memberikan kesan perawatan kulit dari dalam  SAT SET tanpa ribet. Beyondly Fitclair Collagen Drink ini penting sebagai asupan nutrisi Collagen pada tubuh kamu untuk menjaga penurunan kandungan Collagen dalam tubuh, berkat kandungan 5000mg Marine Collagen Peptide, L-Glutathione, Vitamin C Alami yang bebas gula dan kalori. Tubuh mu akan terasa lebih fit, sehat, dan tampak awet muda. 

Sebagai Collagen Expert, Beyondly menawarkan rangkaian skincare pertama di Indonesia yang mengandung Micro-Molecular™ Collagen, sehinga dapat menyamarkan garis kerutan, serta membuat kulit terasa kencang dan glowing. 

Selain perawatan kulit dari luar dan dalam, penting untuk menjaga gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan menghindari kebiasaan yang merusak kulit seperti merokok dan paparan sinar matahari berlebihan untuk mencegah penuaan dini.



Beyondly Blog