Kenali Orange Peel Skin dan Cara Mengatasinya

Tekstur kulit kasar seperti kulit jeruk

Fakta orange peel skin akibat paparan sinar UV dan faktor usia.

Permasalahan kulit sering terjadi akibat pola hidup tidak sehat, kesalahan dalam penggunaan skincare maupun alergi genetik. Tapi, ada loh kondisi kulit iritasi akibat paparan sinar UV yang disebut orange peel skin, simak artikel berikut untuk mengetahui permasalahan kulit tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.


Apa Itu Orange Peel Skin?


Orange Peel Skin adalah masalah yang umum dihadapi oleh banyak individu. Orange peel skin sendiri adalah kondisi kulit wajah yang tampak seperti kulit jeruk. Tekstur kulit terasa kasar saat disentuh dan pori-pori terlihat besar. Meskipun masalah ini tidak selalu menjadi tanda kesehatan yang serius, banyak orang merasa tidak percaya diri karena tampilan kulit mereka. Make up jadi kurang flawless, kemerahan, bahkan terasa perih ketika menggunakan skincare. Ada beberapa cara untuk antisipasi terjadinya orange peel skin dan cara mengatasinya. 


Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya


1. Genetika: 


Kecenderungan untuk memiliki orange peel skin bisa bersifat genetik. Jika orang tua atau anggota keluarga memiliki masalah serupa, kamu mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalaminya.


2. Paparan Sinar Matahari: 


Menurut Skin Cancer Foundation paparan sinar matahari berlebihan tanpa perlindungan yang memadai merupakan faktor utama dari orange peel skin. Paparan radikal bebas yang dihasilkan dari UVA dan UVB secara terus menerus dapat merusak struktur kolagen kulit dan melemahkan skin barrier yang menyebabkan kerusakan kulit serta kehilangan elastisitasnya.


3. Kulit Kering: 


Kulit yang kekurangan kelembapan cenderung memiliki tekstur yang lebih kasar. Perlu adanya perawatan rutin menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide untuk memperbaiki tekstur kulit yang kering. Biasanya kulit yang kering akan mudah iritasi ketika terkena paparan sinar UV. 


4. Faktor Usia: 


Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin dalam kulit dapat menurun, menyebabkan hilangnya elastisitas dan kemampuan kulit untuk mempertahankan tekstur yang halus. Pada usia 30 tahun ke atas, orange peel skin lebih sering dialami karena kondisi kulit yang kendur dan pori-pori membesar. 

Baca lainnya: Rahasia Awet Muda
Namun, ada banyak cara untuk memperbaiki permasalahan orange peel skin tersebut. Kamu dapat antisipasi dengan menggunakan perlindungan khusus ketika keluar rumah seperti sunscreen dan topi agar tidak terpapar langsung sinar UV. Serta, menggunakan skincare rutin dengan kandungan Niacinamide dan anti aging untuk mengembalikan permasalahan kulit orange peel skin. Salah satunya dengan perawatan rutin skincare berikut:

  • Beyondly Glowlasting Collagen Cleanser

Memiliki kandung Micro-Molecular™ Collagen, Pomegranate, dan Hyaluronic Acid yang dapat membersihkan wajah tanpa rasa ketarik dan kulit terasa lebih lembab. Kondisi kulit yang kasar dan kering seperti orange peel skin, perlu menggunakan gentle facial wash ini untuk menenangkan kondisi kulit yang bermasalah.

  • Beyondly Youth Power Collagen Serum

Kondisi kulit yang mengalami orange peel skin, harus diperbaiki dengan asupan nutrisi kulit khusus seperti serum Beyondly Youth Power Collagen Serum ini yang memiliki kandungan Micro-Molecular™ Collagen, Niacinamide, dan Apple Fruit Cell Culture. Satu-satu nya skincare dengan kandungan Collagen di Indonesia ini, dapat menyamarkan flek hitam, kerutan dan mengencangkan kulit karena kandungan Salmon DNA nya. Orange peel skin ini rentan terjadi di usia 30 tahun-an karena kondisi kulit yang kendur dan kekurangan Collagen. Oleh karena itu, serum ini cocok untuk mengatasi permasalahan penuaan dan memperbaiki permasalahan orange peel skin. 

  • Beyondly Glowlasting Collagen UV Care Moisturizer

Moisturizer dengan kandungan UV care cocok untuk menjadi skincare perlindungan   saat terkena sinar UV. Paparan sinar UV berlebih menjadi faktor utama terjadi orange peel skin, oleh karena itu perlu menggunakan skincare dengan perlindungan khusus selain penggunaan sunscreen. Selain itu, kandungan Micro-Molecular™ Collagen, Niacinamide, dan Hyaluronic Acid nya baik untuk melembutkan dan menenangkan kulit yang kering dan bermasalah. 


Rangkaian skincare dari #BeyondlyTernyataCocok untuk mengatasi orange peel skin yang mungkin menjadi masalah dan tidak sehat. Rutin dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup yang sehat untuk menghindari permasalahan kulit lainnya.

Beyondly Blog