Kulit Kusam Sekaligus Sensitif, Bagaimana Perawatannya?

ilustasi perawatan kulit untuk kulit kusam/ freepik.com

Merawat kulit sensitif dan ingin mengembalikan kecerahan kulit kusam perlu dengan perawatan tepat dan tentunya perlindungan khusus.

Kulit adalah salah satu bagian terbesar dari tubuh yang juga memiliki perawatan khusus. Bukan hanya penggunaan skincare saja yang perlu diperhatikan, tapi pola hidup juga berpengaruh terhadap kondisi kulit mu lho. Simak artikel berikut untuk mendapatkan info perawatan kulit kusam dan sensitif.

Kenali penyebab permasalahan kulit


Kondisi kulit setiap orang itu beragam, dan tentunya cara merawat kulit nya berbeda. Memiliki kulit mulus, glowing dan bening adalah dambaan setiap orang, tapi tak jarang kondisi kulit dapat berubah seiring bertambahnya usia. Perubahan kondisi kulit  tersebut dapat disebabkan oleh faktor genetik maupun lingkungan. 


Jika kondisi kulitmu kusam sekaligus sensitif, kamu perlu mengenal penyebab permasalahan tersebut dan merawat sesuai kebutuhan kondisi kulit mu. Kulit sensitif umumnya sangat peka dan sering kali mengalami alergi hingga iritasi. Dampaknya, kulit akan terkelupas, gatal kemerahan bahkan terasa perih. Lalu jika kondisi kulit mu sensitif serta kusam, dapat dipastikan penyebabnya adalah paparan sinar UV berlebih, polusi lingkungan, kurang hidrasi, atau bahkan kesalahan dalam perawatan. Hal tersebut dapat kamu atasi dengan skincare perawatan khusus kulit kusam sekaligus sensitif. Penting untuk memahami penyebab masalah kulit agar Kamu dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam perawatan kulit dan menjaga kulit tetap sehat.


5 Tips merawat kulit kusam dan sensitif


Merawat kulit yang kusam dan sensitif memerlukan perhatian ekstra dan penggunaan produk yang tepat. Ini dia 5 cara merawat kulit kusam dan sensitif:


1. Membersihkan kulit

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras. Hindari penggunaan sabun biasa yang bisa mengeringkan kulit. Cuci wajah dengan air hangat, bukan air panas, karena air panas dapat membuat iritasi kulit sensitif.

2. Menjaga kelembaban kulit

Pilih produk yang tidak mengandung pewangi atau bahan kimia berpotensi iritasi. Gunakan secara rutin moisturizer setiap pagi dan malam setelah membersihkan wajah agar tetap menjaga kelembaban kulit wajah. 

3. Perlindungan dari matahari

Tabir surya sangat berpengaruh pada terjadinya penyebab kulit kusam. Paparan sinar UV setiap hari disertai polusi jahat dapat dengan cepat  merusak kulit sensitif dan membuatnya semakin kusam. Gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi dan dirancang untuk kulit sensitif.

4. Hidrasi dan makan yang sehat

Cukup minum air putih secara rutin, akan memberikan hidrasi cukup bagi tubuh serta kulit dari dalam. Kombinasikan dengan makan-makanan sehat yang kaya akan antioksidan seperti buah dan sayuran.

5. Hindari kebiasaan buruk

Kulit sensitif cenderung merespons terhadap faktor-faktor pemicu seperti perubahan suhu, polusi udara, dan stres. Selain itu, kebiasan merokok dan begadang juga mempengaruhi kondisi kulit yang buruk. Cobalah untuk menghindari faktor-faktor ini sebisa mungkin.

Baca lainnya: 5 kebiasaan buruk bikin kulit kusam

Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi permasalahan kulit kusam dan sensitif mu dengan perpaduan rangkaian skincare Beyondly Paket Expert Acne Glow & Skin Barrier melalui 3 tahap ini:

  • Beyondly Facial Wash Glowlasting Collagen Cleanser: rutin digunakan untuk membersihkan wajah dari polusi dan make up, dengan  kandungan Micro-Molecular™ Collagen dan Hyaluronic Acid nya mampu mengembalikan kecerahan kulit kusam mu jadi lebih cerah dan bersih. 

  • Beyondly Calm Barrier Collagen Serum: gunakan serum collagen ini untuk menenangkan kulit berjerawat dan kemerahan akibat kulit sensitif mu. Kandungan Micro-Molecular™ Collagen, Centella Asiatica, Niacinamide, Allantoin, dan Hyaluronic Acid nya mengembalikan keremajaan wajah mu sekaligus mencerahkan. 

  • Beyondly Glowlasting Collagen UV Care Moisturizer: Perlindungan khusus untuk kulit sensitif dan paparan sinar UV. Melembapkan dan mencerahkan berkat kandungan Micro-Molecular™ Collagen, Niacinamide, dan Hyaluronic Acid. 


Hanya butuh 3 tahap skincare ini, kamu bisa mengatasi kulit kusam dan sensitif tanpa perlu suntik treatment mahal. Ingatlah bahwa setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi penting untuk mencoba dan menyesuaikan perawatan kulit Anda sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Selalu lakukan uji patch atau menggunakan produk baru di area kecil kulit sebelum mengaplikasikan produk perawatan baru secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi.





Beyondly Blog