Skincare Malam Hari Ada Jamnya? Ini Dia Rekomendasi Waktu yang Tepat

Skincare malam hari / freepik.com

Memang menentukan waktu untuk perawatan kulit di malam hari penting? Yuk cari tahu jawabannya!


Kerap disepelekan, skincare malam hari ternyata penting lho untuk menjaga tampilan kulit agar tampak sehat dan tampak muda. Tak hanya jenis kandungan, ternyata ada waktu khusus yang cocok untuk menggunakan skincare di malam hari.


Pemilihan waktu menggunakan skincare di malam hari yang benar dapat meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit yang kita gunakan. Nah, jika kamu menggunakan skincare malam hari di waktu yang tepat, kamu akan mendapatkan kulit yang terasa halus dan plumpy ketika bangun tidur di pagi hari.


Yuk simak artikel berikut untuk mendapatkan jawaban waktu yang tepat untuk skincare-an di malam hari!


Waktu yang Tepat untuk Skincare Malam Hari


Idealnya, sebaiknya kamu memulai rutinitas skincare malam sebelum jam 10 malam. Kulit memiliki siklus regenerasi sel yang paling aktif pada jam-jam ini. Dengan memulai perawatan kulit sebelum waktu ini, kamu memberikan waktu yang cukup bagi produk skincare untuk meresap dan memberikan nutrisi pada kulit. Kamu bisa mulai menggunakan skincare di jam 7 sampai 8 malam, fungsinya untuk memberikan waktu pada kulit sekitar 2 jam sebelum tertidur agar skincare dapat terserap secara maksimal. 



Walaupun kamu tidak menggunakan riasan sepanjang hari, tetapi antisipasi membersihkan wajah sebelum tidur perlu dilakukan karena ketidak sadaran ketika menyentuh wajah atau terpapar polusi siang hari yang dapat menyebabkan skin barrier rusak. 

Baca lainnya: Merawat Agar Skinbarrier Tidak Rusak

Perawatan Skincare  Malam Hari

Berikut adalah urutan skincare yang dapat kamu lakukan sebelum tidur:

  • Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Membersihkan wajah sebelum tidur adalah langkah penting dalam rutinitas skincare malam. Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu untuk menghilangkan kotoran dan sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori. Pembersihan kulit yang baik akan membuat produk perawatan kulit yang kamu gunakan lebih efektif.


  • Gunakan Produk dengan Bahan Aktif yang Tepat

Produk skincare yang mengandung bahan aktif seperti retinol, asam hialuronat, collagen dan peptida sebaiknya digunakan pada malam hari. Bahan-bahan ini membantu merangsang produksi kolagen, mengatasi tanda-tanda penuaan, dan memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Penggunaan produk dengan bahan aktif pada malam hari memungkinkan kulit untuk menyerap dan memanfaatkan fungsinya dengan lebih baik.


  • Hindari Sinar UV Malam Hari

Meskipun tidak terlihat, sinar UV masih dapat merusak kulit pada malam hari. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap melindungi kulit kamu dengan menggunakan produk perawatan yang mengandung antioksidan. Ini dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit. 


  • Tidur yang Cukup

Selain melakukan skincare pada waktu yang tepat, tidur yang cukup juga sangat berperan dalam kesehatan kulit. Tidur yang cukup membantu proses regenerasi kulit dan mengurangi risiko munculnya mata panda serta garis-garis halus.


Solusi tepat agar perawatan malam hari mu lebih mudah dan simple, kamu bisa menggunakan Glowlasting Collagen Overnight Moisturizer. Memiliki kandungan bahan aktif Micro-Molecular™ Collagen dan Synchrolife nya yang dapat mengatasi permasalahan flek hitam, kulit kusam, memudarkan bekas jerawat, mencerahkan mata panda, melembapkan kulit dan mengencangkan elastisitas kulit. Satu-satunya moisturizer di Indonesia dengan kandungan Collagen dan memiliki keunggulan 3 fungsi dalam satu kemasan sebagai Moisturizer, Sleeping Mask, dan Eye Cream. Kulit akan lebih sehat dan terlindungi meskipun ketika beristirahat di malam hari. 



Beyondly Blog