Tips Memilih Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit-mu

Breakout Face / freepik.com

Jangan biarkan karena kesalahan memilih skincare bikin kulit mu tambah rusak!

Memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Namun, banyak orang yang bingung bagaimana cara menentukan jenis kulit dan produk apa yang cocok. Jika kamu salah satu di antaranya, simak tips berikut ini!

5 Tips Memilih Skincare yang Cocok

  1. Kenali jenis kulit 

Jenis kulit dapat dibedakan menjadi normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Kamu bisa mengetahui jenis kulitmu dengan melakukan tes sederhana, yaitu menempelkan blotting paper atau tisu wajah pada area dahi, hidung, pipi, dan dagu. 

  1. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit 

Setelah mengetahui jenis kulitmu, kamu bisa memilih produk yang mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk kulitmu. Misalnya, jika kulitmu kering, pilihlah produk yang mengandung pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin, atau shea butter. Jika kulitmu berminyak, pilihlah produk yang bebas minyak dan mengandung salicylic acid, niacinamide, atau retinol. 

  1. Perhatikan urutan penggunaan produk. 

Agar produk skincare dapat bekerja dengan optimal, kamu perlu mengaplikasikannya dengan urutan yang benar. Secara umum, urutan penggunaan produk adalah sebagai berikut: pembersih (cleanser), toner, serum, pelembab (moisturizer), dan tabir surya (sunscreen). 

  1. Lakukan patch test sebelum menggunakan produk baru. 

Oleskan sedikit produk pada bagian dalam siku atau belakang telinga, lalu tunggu selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi negatif seperti kemerahan, gatal, atau bengkak, berarti produk tersebut cocok untukmu. 

  1. Rutin merawat kulit dan evaluasi hasilnya. 

Memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit saja tidak cukup, kamu juga perlu merawat kulitmu secara rutin dan konsisten. Selain itu, evaluasi juga hasilnya setiap beberapa minggu atau bulan untuk mengetahui perubahan dan hasil yang didapatkan.



Rekomendasi Kandungan Skincare yang Cocok

Selain memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit, kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa kandungan skincare yang dapat meningkatkan efektivitas dan manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kandungan skincare yang cocok untuk dikombinasikan jika kamu ingin mendapatkan kulit sehat dan glowing!

  • Retinol dan Niacinamide adalah bahan skincare yang berasal dari vitamin A dan dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kerutan, flek hitam, dan pori-pori besar. Namun, retinol juga dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, atau pengelupasan pada kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengkombinasikan retinol dengan niacinamide, yaitu bahan yang dapat menenangkan, melembapkan, dan memperbaiki skin barrier kulit. 



  • Niacinamide dan salicylic acid. Niacinamide dan salicylic acid adalah dua bahan skincare yang dapat mengatasi masalah jerawat. Niacinamide dapat mengontrol produksi minyak, mengurangi peradangan, dan memperbaiki tekstur kulit. Salicylic acid adalah jenis asam beta hidroksi (BHA) yang dapat menembus ke dalam pori-pori dan membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan bakteri penyebab jerawat. 


  • Centela Asiatica dan hyaluronic acid. Hyaluronic acid adalah bahan skincare yang dapat menarik dan menahan air di kulit, sehingga membuat kulit menjadi lebih lembap, kenyal, dan halus juga menenangkan kulit ketika sedang breakout. Salah satu rekomendasi skincare tepat yang dapat kamu gunakan adalah Beyondly Calm Barrier Collagen Serum. Memiliki kombinasi kandungan Centela Asiatica dan Hyaluronic Acid, serta bahan expert Micro-Molecular™ Collagen yang cocok untuk memperbaiki kulit berontak serta kemerahan. 

Baca lainnya: Manfaat Collagen Serum untuk Kulit

Itulah tips memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit-mu dan rekomendasi kandungan skincare yang cocok untuk dikombinasikan. Semoga bermanfaat ya!



Beyondly Blog