Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Allantoin Bagi Kulit

Serum Allantoin untuk menenangkan skin barrier yang meradang

Salah satu bahan yang lagi tren dari skincare Korea adalah Allantoin. Digunakan sebagai bahan utama krim wajah selama lebih dari 1 dekade. Lalu kenapa Allantoin sangat baik bagi kulit? Yuk, cari tahu info seputar Allantoin di bawah ini.

Produk skincare dari Korea seolah merajai tren kecantikan di seluruh dunia. Salah satu bahan yang lagi tren dari skincare Korea adalah Allantoin. Sebenarnya, Allantoin bukan bahan baru di dunia kecantikan, bahkan sudah digunakan sebagai bahan utama krim wajah selama lebih dari 1 dekade. Lalu kenapa Allantoin sangat baik bagi kulit? Yuk, cari tahu info seputar Allantoin di bawah ini.

Apa Itu Allantoin?

Nama lain Allantoin adalah alumunium dihydroxy allantoinate, merupakan komponen kimia yang ada di dalam tubuh manusia, tumbuhan dan hewan. Allantoin sering kali diekstraksi dari tanaman yang bernama comfrey. Selain itu, Allantoin juga bisa dibuat secara sintetis dan digunakan untuk bahan dalam berbagai produk skincare. 

Biasanya Allantoin digunakan pada produk seperti:

  • sampo

  • produk anti jerawat

  • krim kulit

  • losion

  • krim penyembuh luka.

Manfaat Allantoin Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Allantoin sudah digunakan selama beberapa dekade dan banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Allantoin sifatnya menenangkan dan punya banyak manfaat lainnya. Manfaat Allantoin antara lain adalah:

1. Sebagai Pelembap Kulit

Ini merupakan manfaat utama Allantoin. Kebanyakan orang mencari kandungan Allantoin karena ingin melembapkan kulit. Menurut para ahli kulit, Allantoin mampu membuat air tetap berada di kulit dan tidak menguap begitu saja. Dengan begitu, kulit akan selalu terhidrasi dan tidak akan kelembapan, apa pun kondisinya. 

2. Membantu Proses Eksfoliasi

Supaya tidak terlihat kusam, kulit perlu dieksfoliasi secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Allantoin sering digunakan dalam berbagai produk skincare khusus eksfoliasi. Allantoin baik untuk meluruhkan sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan lebih gelap. Tekstur Allantoin juga lembut, jadi proses eksfoliasi akan berlangsung dengan mulus. 

3. Membantu Mengatasi Jerawat

Allantoin mampu mengunci kelembapan di kulit yang dapat berakibat langsung untuk mengontrol tumbuhnya jerawat. Area kulit yang teriritasi karena jerawat pun akan dibantu ditenangkan oleh Allantoin. 

4. Mengatasi Keriput dan Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kulit akan berkurang produksi kolagen alaminya. Ini biasanya mulai terasa dan terlihat di usia akhir 20-an dan awal 30-an. Kulit jadi kehilangan elastisitasnya dan garis halus serta keriput muncul dengan mudah. 

Produksi kolagen secara alami memang tidak bisa dicegah, tapi Allantoin bisa membantu meningkatkan kadar kolagen di kulit kita. Dengan begitu, munculnya garis halus dan keriput yang merupakan gejala penuaan dini bisa diatasi. 

Pemilik kulit sensitif biasanya cukup kesulitan mencari produk skincare dan kosmetik yang sesuai. Pada akhirnya banyak yang mengalami kemerahan dan iritasi. Allantoin merupakan bahan yang aman bagi kulit sensitif karena fungsinya justru menenangkan. Begitu dipakai tidak akan menimbulkan efek menyengat dan perih. 

Baca lainnya: Fakta penuaan dini

Dapatkan Manfaat Allantoin dari Serum Terbaik

Ternyata manfaat Allantoin bagi kulit begitu banyak dan sayang banget buat dilewatkan. Yuk, dapatkan manfaatnya dengan menggunakan serum wajah terbaik seperti Beyondly Calm Barrier Collagen Serum. Selain Allantoin, serum ini diformulasikan dengan Micro-Molecular™ Collagen, Centella Asiatica, Hyaluronic Acid, Niacinamide dan Lavender.

Paduan bahan-bahannya mampu membantu menenangkan kulit yang kelelahan, menjaga dan memperbaiki skin barrier yang rusak, menyeimbangkan dan meningkatkan kelembapan kulit dan membantu mengembalikan tampilan kulit yang sehat alami. Serum yang terbukti hypoallergenic cocok untuk semua jenis kulit, jadi kita lebih mudah mendapatkan manfaat Allantoin untuk kulit.



Beyondly Blog