Makanan dan Minuman Mengandung Collagen yang Bagus untuk Kesehatan

Healthy food/freepik.com

Kenali rekomendasi makanan dan minuman berikut sebagai asupan kolagen bagi tubuh!

Kolagen merupakan protein yang berfungsi untuk mendukung pembentukan jaringan dalam tubuh, seperti tulang dan kulit. Kolagen dapat diproduksi secara alami dalam tubuh. Namun begitu, produksi kolagen dalam tubuh dapat mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. 


Maka dari itu, kita membutuhkan makanan dan minuman yang mengandung kolagen untuk membantu memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh. Untuk membantu memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh, berikut ini adalah makanan dan minuman mengandung collagen yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dan tulang.


1. Daging Ayam

Daging ayam khususnya bagian paha dan leher merupakan makanan yang memiliki kandungan asam amino yang berperan dalam pembentukan kolagen dalam tubuh. Tak hanya itu, daging ayam juga mengandung vitamin dan mineral yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh  khususnya untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.. 


2. Ikan

Selain daging ayam, ikan juga menjadi makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber kolagen yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan kolagen di dalam ikan cenderung lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan kolagen yang bersumber dari makanan lain. Bagian ikan yang mengandung kolagen tinggi adalah bagian kepala dan kulitnya.


3. Kaldu Tulang

Makanan yang dikenal dengan kandungan kolagen tinggi ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar kebutuhan kolagen dalam tubuh terpenuhi. Selain mengandung kolagen yang tinggi, kaldu tulang juga mengandung magnesium, fosfor, kalsium, glukosamin, serta kondroitin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang maupun kulit. Cara mengonsumsinya cukup mudah. Anda dapat merebus tulang ayam atau sapi dengan campuran bumbu rempah-rempah agar kaldu tulang lebih nikmat untuk disantap.


4. Buah Beri

Buah-buahan beri seperti strawberry, blueberry, dan raspberry mengandung vitamin C yang tinggi dan berperan penting dalam produksi kolagen pada tubuh. Dengan mengonsumsi buah beri, kebutuhan akan kolagen dalam tubuh dapat terpenuhi secara maksimal. Selain membantu memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh, mengonsumsi buah beri juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Untuk mengonsumsinya, buah beri ini dapat dimakan langsung atau dijadikan sebagai minuman jus yang menyegarkan.


5. Suplemen Kolagen

Mengonsumsi suplemen kolagen, khususnya collagen drink dapat membantu memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh. Beyondly Fitclair Collagen Drink dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Minuman kolagen satu ini dijamin halal dan aman dikonsumsi setiap hari. Diproduksi dengan kandungan 5.000 mg Marine Collagen Peptide dari sumber terbaik di Prancis, minuman kolagen ini mudah diserap dalam tubuh. Dengan begitu, manfaat dari kolagen ini dapat dirasakan secara maksimal dalam tubuh. Tenang saja, minuman kolagen ini dikemas dalam bentuk liquid sachet yang praktis sehingga dapat dikonsumsi dengan mudah di mana saja dan kapan saja. 

Baca lainnya: Macam-macam minuman kolagen yang baik untuk kesehatan


Beyondly Blog