Mengenal Ragam Sumber Kolagen Alami untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Kolagen alami dari makanan sehat / freepik.com

Konsumsi kolagen alami dari berbagai pilihan makanan berikut!

Kolagen adalah salah satu protein tak larut yang memiliki peran besar untuk menyusun jaringan kulit dalam tubuh. Tak hanya itu, kolagen juga membantu menyusun jaringan tulang, gigi, dan kuku. Adanya kolagen juga membantu menjaga kondisi kulit agar tetap elastis dan sehat berseri. Secara alami, kolagen diproduksi di dalam tubuh manusia. Namun, seiring berjalannya waktu produksi kolagen dalam tubuh juga ikut berkurang karena penuaan.


Nah, untuk itu kita membutuhkan asupan kolagen tambahan untuk membantu memenuhi jumlah kolagen dalam tubuh. Asupan kolagen tambahan ini dapat diperoleh dari konsumsi makanan yang mengandung kolagen. Ada banyak sekali makanan yang mengandung kolagen alami yang dapat dikonsumsi. Berikut ini adalah sederet makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu memenuhi asupan kolagen dalam tubuh.


1. Kaldu Tulang

Makanan yang terkenal dengan kelezatannya ini ternyata mengandung kolagen yang cukup tinggi, lho! Tak hanya kolagen saja, kaldu tulang juga dilengkapi dengan kandungan magnesium, fosfor, kalsium, glukosamin, serta kondroitin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang maupun kulit. Kaldu tulang ini dapat disajikan dengan potongan daging ayam atau daging sapi serta rempah-rempah agar terasa nikmat ketika disantap. 


2. Ikan

Ikan dikenal sebagai salah satu sumber kolagen berkualitas tinggi. Hal ini karena kandungan kolagen yang berasal dari  dalam ikan cenderung lebih mudah dicerna dalam tubuh manusia dibandingkan jenis kolagen dari sumber lainnya. Maka dari itu banyak suplemen kolagen yang mengandung kolagen yang bersumber dari ikan.


3. Daging Ayam

Makanan yang dikenal dengan kandungan gizinya yang melimpah satu ini rupanya juga menyimpan kandungan asam amino yang berperan dalam pembentukan kolagen. Kandungan kolagen terbanyak dalam daging ayam terkandung pada bagian paha dan leher. Selain mengandung kolagen, daging ayam juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


4. Buah Sitrus

Buah-buah yang tergolong ke dalam buah sitrus memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin tersebut dapat mengoptimalkan pembentukan prokolagen yang dibutuhkan untuk memproduksi secara alami di dalam tubuh. Ragam buah sitrus yang bagus untuk mengoptimalkan produksi kolagen dalam tubuh antara lain jeruk,  limau, dan lemon.


5. Tomat

Tomat merupakan jenis buah yang mengandung vitamin C yang tinggi dan hampir setara dengan buah sitrus. Hal ini membuat konsumsi tomat dapat membantu memaksimalkan produksi kolagen secara alami dalam tubuh. Selain mengandung vitamin C yang mendukung produksi kolagen, tomat juga mengandung likopen yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat menjaga kesehatan kulit dengan cara mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. 


6. Brokoli

Sayuran hijau satu ini menjadi salah satu sumber makanan yang dapat dikonsumsi untuk memaksimalkan produksi kolagen dalam tubuh secara alami. Tak hanya bermanfaat untuk mengoptimalkan produksi kolagen, brokoli juga mengandung beta-karoten yang dapat memaksimalkan produksi prokolagen dalam tubuh sekaligus mencegah kerusakan kolagen. Dengan begitu, kulit tetap terlindungi dari kerusakan akibat paparan radikal bebas yang berbahaya. 

 Baca lainnya: Cara mengatasi penurunan kolagen dalam tubuh

Untuk membantu memenuhi kebutuhan kolagen harian secara praktis, Beyondly Fitclair Collagen Drink bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan kandungan 5,000 Marine Collagen Peptide yang berasal dari sumber terbaik di Prancis sehingga membuat manfaat dalam collagen drink ini mudah diserap dalam tubuh. Dikemas dalam bentuk liquid sachet, membuat collagen drink satu ini sangat praktis diminum langsung, dan dapat dibawa ke mana-mana. Selalu sedia Beyondly Fitclair Collagen Drink setiap saat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat tubuh tetap fit di tengah padatnya aktivitas. 



Beyondly Blog