Mengenal Tipe Kolagen beserta Manfaat yang Dikandungnya

Tubuh yang Sehat / freepik.com

Minuman kolagen banyak diminati karena dapat menjaga kesehatan kulit.

Kolagen merupakan jenis protein terbesar dalam tubuh yang terbuat dari asam amino. Jenis protein ini berperan besar dalam pembentukan tulang, kulit, rambut, kuku, serta otot dalam tubuh. Tak hanya itu, kolagen juga memiliki peran penting pada bagian tubuh lainnya, seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi.


Hal tersebut membuat minuman kolagen menjadi salah satu produk yang banyak diminati berbagai kalangan masyarakat khususnya wanita. Hal ini karena minuman kolagen dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara maksimal. Dengan begitu, elastisitas kulit tetap terjaga sehingga kerutan dan penuaan pada kulit dapat dicegah. Tak hanya itu, kekuatan otot dan tulang juga tetap terjaga seiring berjalannya waktu.


Secara umum, kolagen terbagi menjadi beberapa tipe. Masing-masing tipe kolagen memiliki struktur dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut tiga tipe kolagen beserta sumber dan manfaat yang terkandung di dalamnya: 

Kolagen Tipe 1: Tipe kolagen satu terbuat dari serat padat yang membentuk sekitar 90% kolagen alami dalam tubuh. Kolagen ini berperan besar untuk membangun struktur pada kulit, tulang, tendon, tulang rawan, jaringan ikat, dan gigi.

Kolagen Tipe 2: sedikit berbeda dengan kolagen tipe satu, kolagen tipe dua berasal dari serat yang lebih longgar dibandingkan kolagen tipe satu. Kolagen jenis ini umum ditemukan pada tulang rawan elastis.

Kolagen Tipe 3: tipe kolagen satu ini dapat membantu membangun struktur otot, pembuluh darah serta beberapa organ dalam tubuh.

Kolagen Tipe 4: kolagen tipe empat dapat ditemukan pada lapisan kulit. Adanya kolagen ini dapat membantu organ ginjal dalam menyaring racun dalam tubuh. 


Masing-masing kolagen tersebut terdapat dalam tubuh manusia secara alami. Produksi kolagen secara alami dapat berlangsung dengan baik hingga usia tertentu. Hal ini karena pertambahan usia menjadi salah satu faktor utama produksi kolagen mengalami penurunan. Tak hanya itu, paparan sinar matahari, zat dari polusi, kebiasaan merokok, serta konsumsi makanan tinggi gula dan alkohol juga dapat mempengaruhi penurunan produksi kolagen dalam tubuh.


Ketika tubuh mengalami kekurangan asupan kolagen, maka elastisitas kulit akan menurun sehingga tampak mengendur dan muncul garis-garis halus serta keriput di berbagai bagian kulit. Selain penurunan produksi kolagen juga dapat mempengaruhi kekuatan otot bahkan menyebabkan nyeri sendi (osteoarthritis), tendon serta membuat ligamen kaku.

Baca lainnya: Menegnal ragam sumber asupan kolagen alami


Untuk itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen untuk membantu memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh. Agar lebih mudah dan praktis, kebutuhan kolagen dapat dipenuhi dengan mengonsumsi Beyondly Fitclair Collagen Drink.


Beyondly Fitclair Collagen Drink merupakan produk minuman kolagen persembahan Paragon untuk membantu menjaga elastisitas kulit sekaligus memperkuat otot dan tulang serta kuku dan gigi. Beyondly Fitclair Collagen Drink mengandung 5,000 Marine Collagen Peptide yang berasal dari sumber terbaik di Prancis. Hal ini membuat collagen drink dari Paragon dapat menyerap dengan mudah dalam tubuh. 


Tenang saja, collagen drink satu ini dibuat dengan tanpa pemanis buatan dan rendah kalori. Tak hanya itu, Beyondly Fitclair Collagen Drink juga bebas dari kandungan glikol dan turunannya sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan kemasan liquid sachet, Beyondly Fitclair Collagen Drink dapat diminum secara praktis di mana saja dan kapan saja. Selalu sedia Beyondly Fitclair Collagen Drink untuk menjaga kesehatan kulit dan otot agar tetap senantiasa fit dan cantik dimana saja dan kapan saja.



Beyondly Blog